PPKM Darurat, Wabup Ciamis: Tak Mau Diperpanjang, Patuhi Prokes

Dadang Hermansyah - detikNews
Minggu, 18 Jul 2021 12:24 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Ciamis -

WPemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat akan diperpanjang sampai akhir Juli 2021. Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menyatakan meski berat namun harus melaksanakan kebijakan tersebut.

"Kami telah melaksanakan rapat online bersama Gubernur Jabar, disampaikan bahwa PPKM darurst diperpanjang sampai akhir Juli, tapi saat ini kami menunggu surat resmi dari pemerintah pusat," ujar Yana, Minggu (18/7/2021).

Ketika PPKM Darurat resmi diperpanjang, Pemkab Ciamis, Pemprov Jabar dan pusat akan ada program bansos untuk masyarakat. Sebelumnya, Pemkab Ciamis pun telah menyalurkan bantuan beras 100 ton untuk 10 ribu warga berasal dari infaq para ASN Ciamis.

"Kalau PPKM darurat diperpanjang, dari pemerintah pusat, provinsi maupun Kabupaten akan ada program Bansos untuk masyarakat. Kita tidak ada kapasitas setuju atau tidak setuju, apapun kebijakan pusat tentu kita sebagai pelaksana akan melaksanakannya," kata Yana D Putra.

Yana pun memahami kesulitan masyarakat selama PPKM Darurat diberlakukan. Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Menaati aturan PPKM Darurat yang saat ini berjalan.

"Kalau tidak ingin PPKM Darurat diperpanjang, masyarakat harus patuh protokol kesehatan, pakai masker jaga jarak. Prokes ini selain untuk kesehatan tapi juga berimbas kepada ekonomi," ungkapnya.

Yana meminta masyarakat taati protokol kesehatan. Tidak hanya selalu diingatkan oleh petugas lapangan saat operasi yustisi, tapi harus dari kesadaran masyarakat sendiri. Sehingga dengan patuhnya protokol kesehatan diharapkan dapat meminimalisir penyebaran virus Corona.

"Selama masyarakat tidak disiplin, kasus COVID-19 meningkat kemungkinan terus PPKM," ujarnya.

Simak juga 'Anak Usia 12-18 Tahun di Ciamis Mulai Jalani Vaksinasi Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)