Pedagang hingga Legislator Garut Bantu Warga Terdampak COVID-19

Hakim Ghani - detikNews
Jumat, 16 Jul 2021 11:56 WIB
DPRD Garut bagikan bantuan untuk warga di tengah PPKM Darurat.
Foto: DPRD Garut bagikan bantuan untuk warga di tengah PPKM Darurat (Istimewa).
Garut -

Penyebaran virus COVID-19 di Garut hingga kini masih masif. Beragam cara dilakukan masyarakat untuk menebar semangat dan membantu sesama untuk bangkit dari terpaan virus Corona.

Seperti halnya dilakukan Tekun, sebuah warung minuman kekinian asal Garut. Mereka berbagi segelas minuman, bagi warga Garut yang sudah bersedia disuntik vaksin virus COVID-19.

"Kami membagi segelas minuman produk kami, sebagai apresiasi bagi mereka yang sudah divaksin," kata Ibnu Agna, pengelola Tekun, kepada detikcom, Jumat (16/7/2021).

Ibnu mengatakan, aksi tersebut dilakukan Tekun sebagai bentuk apresiasi bagi warga Garut yang sudah bersedia disuntik vaksin. Mereka yang bersedia untuk menjalani vaksinasi dianggap berkontribusi untuk mempercepat pemulihan dampak virus COVID-19 di Indonesia.

Setiap warga yang sudah divaksinasi, kata Ibnu, bisa mendapat segelas minuman dari Tekun seluruh gerainya. Mereka cukup membawa bukti surat tanda vaksinasi.

"Syaratnya menunjukkan bukti sudah divaksin," katanya.

Aksi berbagi juga dilakukan oleh Ayam Geprek Jawara (AGJ). Restoran yang menyediakan olahan ayam cepat saji. Berbeda dengan Tekun, AGJ berbagi kepada mereka yang sedang menjalani isolasi mandiri.

"Sebagai bentuk kepedulian dari kita kepada masyarakat Garut yang terdampak," kata pengelola AGJ Ai Nurapipah saat dikonfirmasi wartawan beberapa waktu lalu.

Warga yang sedang menjalani isolasi mandiri akibat terpapar virus COVID-19 dan berdomisili di sekitar perkotaan Garut bisa mendapat satu paket nasi-ayam dari AGJ. Pihak restoran yang mengantarnya langsung ke depan rumah.

Kepedulian terhadap mereka yang terpapar COVID-19 ternyata tidak sedikit. Ai mengatakan, pihaknya kebanjiran donatur yang ingin memberi dukungan kepada penyintas COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri.

"Donatur banyak yang mau nyumbang," katanya.

Tak hanya masyarakat umum, sejumlah pejabat juga bergerak membantu mereka yang sedang berjuang sembuh melawan virus COVID-19. Salah satunya dilakukan oleh legislator Garut Yudha Puja Turnawan.

Anggota Komisi IV DPRD Garut ini membagikan paket sembako bagi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri.

"Kita memberikan sembako, sebagai bentuk dukungan untuk warga yang sedang melaksanakan isolasi mandiri," kata Yudha, Jumat (16/7/2021).

Yudha mengatakan, dukungan diberikan untuk menyemangati warga Garut yang terpapar COVID-19 dan sedang melaksanakan isolasi mandiri. Selain sebagai bentuk dukungan, pembagian sembako juga dilakukan untuk meringankan beban mereka.

"Sedikit meringankan beban, karena mereka tidak bekerja karena harus isolasi," kata Yudha yang juga menjabat Ketua DPC PDI-P Garut itu.

(mso/mso)