Polisi Periksa Karyawan RSIA Purwakarta Terkait Pembuangan Limbah Medis

Dian Firmansyah - detikNews
Jumat, 16 Jul 2021 11:15 WIB
Limbah medis milik rumah sakit dibuang di pinggir jalan, DLH Purwakarta ogah bersihkan
Limbah medis berserakan di area parkir RSIA Purwakarta (Foto: Dian Firmansyah)
Purwakarta -

Polres Purwakarta tengah menyelidiki pembuangan limbah medis di pinggir jalan yang diduga dilakukan karyawan RSIA Bunda Fathia. Karyawan RSIA Bunda Fathia sudah diperiksa.

"Pihak Polres Purwakarta sudah melakukan klarifikasi lapangan dengan berkoordinasi bersama Dinas Lingkungan Hidup terkait video yang beredar limbah medis berserakan di area parkir rumah sakit," ujar Kapolres Purwakarta AKBP Ali Wardana melalui Kasat Reskrim Polres Purwakarta AKP Fitran Romajimah saat ditemui Mapolres Purwakarta, Jumat (16/07/2021).

Fitran mengatakan, selain melakukan pemeriksaan dugaan pembuangan limbahnya, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan dokumen pengelolaan limbah RSIA Bunda Fathia apakah sudah sesuai dengan aturan atau belum.

"Beberapa karyawan sudah kita undang untuk klarifikasi pemeriksaan, kemudian beberapa sample yang diduga limbah medis sudah kita amankan untuk dilakukan pengecekan," katanya.

Fitran membeberkan jenis limbah medis yang bercecer yakni berupa, sisa pemakaian masker, sisa pemakaian botol infusan, serta sisa pemakaian sarung tangan medis.

Sampai saat ini, belum ada keterangan resmi apapun dari pihak RSIA Bunda Fathia terkait pembuangan limbah medis yang berserakan tepat di area parkir.

(mud/mud)