Hari Ini, Dua Ribu Siswa SMP dan SMA di Bandung Divaksinasi

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 14 Jul 2021 11:28 WIB
vaksinasi siswa smp/sma di bandung
Foto: Wisma Putra
Bandung -

Sebanyak dua ribu siswa SMP dan SMA di Kota Bandung, Jawa Barat mengikuti vaksinasi COVID-19. Vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun ini digelar oleh Badan Intelijen Negara (BIN).

Sekedar diketahui, hari ini, Rabu (14/7/2021) Presiden Joko Widodo resmi membuka pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 12-17 tahun di 14 provinsi di Indonesia dengan total 15 ribu siswa SMP, 15 ribu siswa SMA dan 19 ribu vaksinasi door to door.

Pantauan detikcom, di SMPN 2 Kota Bandung, Jalan Sumatera, mereka mengantre sejak dari gerbang masuk hingga lokasi tempat penyuntikan di ruangan aula di sekolah tersebut.

Para siswa mengikuti vaksinasi ini dengan penuh semangat, ada juga siswa yang degdegan bahkan harus dipegang oleh petugas medis karena takut dengan jarum suntik.

Sekedar informasi, vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 12-17 tahun ini digelar di SMPN 2 Kota Bandung dan SMAN 5 Kota Bandung dengan jumlah masing-masing 1.000 peserta vaksinasi.

Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Jabar Brigjen TNI Dedy Agus Purwanto mengatakan, tak hanya siswa SMPN 2 Kota Bandung dan SMAN 5 Kota Bandung, ada juga perwakilan siswa di sekolah SMP dan SMA di Kota Bandung lainnya yang turut berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi COVID-19 ini.

"Hari ini kita gelar vaksinasi di SMPN 2, target vaksinasi ada 1.000 orang. Saat ini Kota barung menjaring 5 SMP untuk mengirim perwakilan totalnya 100 siswa," kata Dedy usai melakukan vicon bersama Presiden Joko Widodo di SMPN 2 Kota Bandung.

"Kita juga laksanakan kegiatan vaksinasi di SMAN 5 Kota Bandung, sama ada 1.000 siswa dan perwakilan dari 14 SMA di Kota Bandung," tambahnya.

Dedy berujar, pihaknya bersama pemerintah daerah bersama-sama melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 untuk usia 12-17 tahun.

"Vaksinasi untuk umur 12-17 tahun ini, secara jumlah besar baru kali ini. Namun di Jawa Barat untuk vaksinasi remaja baru 839 orang dari total remaja dari data statistik itu ada 4.867.047, mudah-mudahan vaksinasi ini berjalan terus," jelasnya.

Dedy menambahkan, pihaknya juga melakukan vaksinasi door to door yang kali ini digelar di Kota Bogor dengan sasaran warga sekitar 1.000 orang.

"Kita juga laksanakan vaksinasi door to door, dilaksanakan di Kota Bogor di Perumahan Kebon Kopi dan Perumahan Lebak Pasar, ditargetkan 1.000 orang dengan target orang yang belum divaksinasi. Kita kerjasama dengan Dinkes, TNI Polri juga," tambahnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, untuk remaja usia 12-17 tahun di Kota Bandung mencapai 244 ribu orang.

"Untuk Kota Bandung usia 12-17 tahun itu ada sekitar 244 ribu, kalau kita bicara anak sekolah dengan usia itu jumlahnya lebih banyak karena cukup banyak anak-qnak yang bersekolah berasal dari Bandung Raya," ujarnya.

"Terimakasih kepada BIN yang mendorong proses vaksinasi untuk usia 12-17 tahun, mudah-mudahan untuk regulasi pemerintah pusat bisa dilakukan PTM Kita sudah siap dengan herd immunity para pelajar di Kota Bandung," pungkasnya.

(wip/ern)