56 Nakes di Jabar Gugur Terpapar COVID-19

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 01 Jul 2021 15:34 WIB
Sultan Ingin Jogja Lockdown, Ini Kondisi Kasus Corona di Jogja
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Bandung -

56 orang tenaga kesehatan (nakes) di Jawa Barat meninggal dunia karena terpapar COVID-19.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Barat Wawan Hernawan mengatakan, nakes yang meninggal tersebut melayani langsung pasien COVID-19.

"PPNI Jawa Barat prihatin atas banyak yang meninggal rekan sejawat kita, 56 orang telah gugur sebagai pahlawan kesehatan," kata Wawan dalam rekaman video yang diterima detikcom, Kamis (1/7/2021).

Selain itu, Wawan juga menyebut, ribuan nakes di Jawa Barat terkonfirmasi COVID-19. Pihaknya meminta kepada para nakes agar tetap jaga prokes.

"3 ribu orang terkonfirmasi COVID-19, untuk itu saya mengimbau kepada seluruh tim kesehatan yang bekerja di tatanan rumah sakit, pemerintah, swasta, TNI Polri, bersama-sama berikan pelayanan sesuai standar kita lakukan bersama," ungkapnya .

"Mudah-mudahan COVID-19 segera berakhir," tambahnya.

Tidak hanya tim kesehatan, perawat, dokter, farmasi, apoteker, gizi dan sebagainya, tetapi kita PPNI Jabar mohon kepada masyarakat untuk saling membantu dalam mencegah COVID-19.

"Indonesia sedang bersedih, rumah sakit dimana-mana penuh dengan, kasus-kasus COVID-19, khususnya dibutuhkan tenaga relawan kesehatan yang sangat banyak, tolong kepada masyarakat tahan sebentar untuk berkumpul dengan keluarga, becanda gurau, melakukan kegiatan rekreasi, refreshing ke mal, kita sedang dilanda wabah COVID-19," harapnya.

"Lakukan protokol kesehatan yang sangat baik, lakukan 3M, gunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," tuturnya.

Pihaknya juga kembali ingatkan para nakes agar tetap jaga protokol kesehatan.

"Kepada seluruh tenaga kesehatan dan perawat tetap jaga prokes, gunakan APD dan Standar yang kita lakukan, semangat untuk semuanya, ingat sumpah perawat dan kode etik Keperawatan memberikan pelayanan demi kepentingan masyarakat," pungkasnya.

(wip/mud)