Catat! Ini Jadwal PPDB PAUD hingga SMP di Cimahi

Whisnu Pradana - detikNews
Selasa, 29 Jun 2021 10:03 WIB
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
Foto: Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
Cimahi -

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Cimahi untuk jenjang PAUD, TK, SD, hingga SMP mulai dibuka pada 1 hingga 17 Juli mendatang. Namun untuk jenjang PAUD dan TK, pendaftaran baru dimulai pada 5-10 Juli mendatang dengan menggunakan satu jalur.

"Untuk PPDB mulai itu 1-17 Juli. 5-10 Juli yang TK dan PAUD dulu, hanya jalur zonasi saja karena biasanya kan yang dipilih itu yang dekat rumah," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Harjono saat dihubungi, Selasa (29/6/2021).

Kemudian PPDB jenjang SD akan dimulai pada 1-3 Juli 2021 untuk jalur afirmasi atau tidak mampu, perpindahan orang tua, dan jalur prestasi. Hasilnya akan diumumkan pada 5 Juli, dan akan ada masa sanggah pada 5-6 Juli 2021.

"Lalu jalur zonasi akan dibuka mulai 5-6 Juli 2021. Jadi kalau ada siswa yang tidak masuk melalui jalur afirmasi dan perpindahan orang tua, maka segera mendaftar menggunakan jalur zonasi," terangnya.

Sementara untuk jenjang SMP pendaftaran juga mulai dibuka pada 1-3 Juli 2021 yang diperuntukkan bagi jalur afirmasi, perpindahan orang tua, dan jalur prestasi.

"Sedangkan untuk jalur zonasi SMP dimulai tanggal 5-9 Juli, penutupan tanggal 10 Juli, pengumuman tanggal 12 Juli, daftar ulang tanggal 15-17 Juli," ujarnya.

Selain jalur zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan tahun ini rencananya akan ada jalur perbatasan untuk masuk sekolah di Kota Cimahi. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan wilayah tetangga mengenai jalur tersebut.

"Contohnya ada warga Parongpong sekolahnya lebih dekat ke SMPN 10 Cimahi, maka bisa lewat jalur perbatasan," katanya.

Untuk pendaftaran, lanjut Harjono, semuanya dilakukan secara online melalui laman resmi ppdb.cimahikota.co.id. Pendaftaran online itu dilakukan untuk meminimalisir pertemuan tatap muka mengingat saat ini kasus COVID-19 tengah melonjak.

Teknis pengumpulan dokumen persyaratan PPDB nantinya calon siswa diminta untuk mengirimkan data pribadi secara online. Baik melalui google form, WhatsApps, maupun media sosial lainnya.

Pendaftaran akan diarahkan oleh operator sekolah asal. Ia mencontohkan siswa lulusan SD Cibabat Mandiri yang ingin mendaftar ke SMPN 1 Kota Cimahi maka calon siswa cukup menghubungi pihak operator sekolah.

"Sekolah sangat tidak aman. Maka saya menganjurkan orangtua untuk memanfaatkan dan menggunakan teknologi dalam pelaksanaan PPDB tahun ini untuk keselamatan bersama," tandasnya.

Simak juga 'Catatan dari IDI Jika PTM di Sekolah Dilaksanakan':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)