Pemotor Terobos Barikade Penutupan Jalan di Bandung, Ini Kata Polisi

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 28 Jun 2021 11:27 WIB
Bandung -

Video sejumlah pengendara roda dua membongkar barikade penutupan jalan di Bandung viral. Apa pemicu pembongkaran barikade jalan itu?

Pembongkaran barikade jalan itu terekam video yang viral di media sosial. Diketahui lokasi penutupan itu berada di simpang Jalan Aceh-Merdeka.

Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP M Rano Hadianto menjelaskan barikade jalan tersebut dibongkar pada Sabtu (26/6) siang pukul 14.30 WIB. Jalan tersebut ditutup sesuai Perwal yang dikeluarkan Wali Kota Bandung menyusul lonjakan kasus COVID-19.

"Pada saat itu, hari Sabtu ada jadwal penutupan, yaitu mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Setelah dilakukan penutupan, anggota kami di lapangan melakukan pengawasan di seputar jalan yang ditutup karena masing-masing penggal jalan yang ditutup itu ada anggota yang melakukan pengawasan yang berjaga yaitu untuk mengantisipasi misalnya ada masyarakat yang dalam keadaan darurat ataupun ingin ke rumah sakit, ataupun damkar ingin melintas maka akan dibuka oleh petugas yang ada di sekitar lokasi," ujar Rano kepada wartawan, Senin (28/6/2021).

Saat itu, kata Rano, anggota yang berjaga di simpang Jalan Aceh-Merdeka lalu mendengar suara knalpot ramai. Anggota polisi lalu lintas lalu mendatangi rombongan sekelompok orang itu dan menemui salah satu perwakilan.

"Kemudian petugas kita menanyakan ada apa ini? Kemudian dijawab oleh salah satu perwakilan bahwa rombongan tersebut membawa salah satu korban dari bentrokan antara mereka dengan kelompok Ambon, begitu keterangannya," kata dia.

"Sehingga anggota berdialog antara anggota dengan perwakilan kelompok tersebut, nah pada saat terjadinya dialog tersebut, rombongan yang lain tidak sabar sehingga mencoba membuka barrier yang ada di lokasi. Karena kondisi barrier tersebut diikat maka kelompok rombongan itu ingin membuka maka barrier tersebut akhirnya terjatuh," kata Rano menambahkan.

Seperti diketahui, Video pengendara membongkar water barrier (penutup jalan) di perempatan Jalan Aceh-Merdeka, Kota Bandung viral di media sosial. Dalam cuplikan video berdurasi 1 menit 19 detik itu terlihat sejumlah pengendara sepeda motor tengah membuka barikade.

Kemudian terlihat seorang petugas kepolisian menegur para pengendara tersebut, yang dibalas dengan teriakan 'ada korban pak' dari seorang pengendara. Terdengar di antara raungan knalpot dan klakson kendaraan, suara sirene.

Namun tidak dapat dipastikan sumber dari mana bunyi sirene itu berasal. "Ada korban pak... korbaaan," teriak pengendara yang lainnya. Sementara itu pengendara sepeda motor tetap membongkar water barrier.

Polisi yang terlihat hanya tiga orang dalam video tersebut, tak bisa berbuat banyak dalam membendung aksi para pengendara itu. Setelah barikade dibongkar, terlihat ratusan sepeda motor melintas melewati para petugas.

(dir/mso)