Tekan Penyebaran COVID-19, Polres Cianjur Vaksinasi Massal 11 Ribu Warga

Ismet Selamet, Yuda Febrian - detikNews
Sabtu, 26 Jun 2021 15:24 WIB
11 ribu warga menjalani vaksinasi massal di Cianjur
11 ribu warga menjalani vaksinasi massal di Cianjur (Foto: Ismet Selamet)
Cianjur -

Sebanyak 11 ribu warga Cianjur, Jawa Barat menjalani vaksinasi Corona massal yang digelar Polres Cianjur. Vaksinasi dilakukan untuk menekan penyebaran COVID-19 yang tengah melonjak.

Kapolres Cianjur AKBP Moch Rifai, mengatakan untuk di wilayah perkotaan, vaksinasi dipusatkan di tiga titik, yakni Mapolres Cianjur, RS Bhayangkara, dan Gedung GGM.

Selain itu, agenda dilakukan juga di 21 polsek di Kabupaten Cianjur.

"Jadi hari ini bertepatan dengan HUT Bhayangkara, digelar vaksinasi massal. Tidak hanya di perkotaan tapi di seluruh polsek dan bekerjana dengan Dinkes serta Puskesmas," kata dia, Sabtu (26/6/2021).

Menurutnya target awal pelaksanaan vaksinasi hanya 9.000 orang. Namun ternyata peserta yang hadir mencapai 11 ribu orang.

"Antusiasnya tinggi, baik itu di tiga titik yang pemusatan wilayah perkotaan atau di setiap polsek. Jadi kuota yang awalnya 9 ribu kita tambah jadi 11 ribu," kata dia.

Rencananya vaksinasi massal akan kembali digelar untuk mengejar target vaksinasi nasional. "Dengan melihat antusias hari ini kami akan agendakan lagi di pekan depan, supaya target vaksinasi bisa maksimal," kata dia.

Rifai mengatakan vaksinasi dihadapkan mampu menekan penyebaran COVID-19 yang saat ini mengalami lonjakan.

"Untuk targetnya kan sekarang tidak hanya lansia, tapi semua usia. Makanya diharapkan setelah divaksin, ada kekebalan pada masyarakat. Sehingga kasusnya bisa menurun dan pandemi segera selesai," ucapnya.

Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan kasus COVID-19 di Kabupaten Cianjur saat ini mencapai 6.817 kasus. Untuk tingkat kesembuhan saat ini baru menyentuh angka 5.796 orang.

"Jadi masih banyak yang dalam isolasi, baik secara mandiri ataupun isolasi di rumah sakit," kata dia.

"Diharapkan dengan gencarnya vaksinasi bisa menekan kasus. Kami pun tidak bisa bekerja sendirian dalam menjalankan vaksinasi, makanya dengan keterlibatan polisi di momen HUT Bhayangkara ini bisa mempercepat capaian vaksinasi," tambahnya.