Vaksinasi Massal COVID-19 di Cimahi Timbulkan Kerumunan

Whisnu Pradana, Bima Bagaskara - detikNews
Sabtu, 26 Jun 2021 11:31 WIB
Vaksinasi massal di Cimahi menimbulkan kerumunan
Vaksinasi massal di Cimahi menimbulkan kerumunan (Foto: Whisnu Pradana)
Cimahi -

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 massal di Kota Cimahi untuk kalangan masyarakat berusia 18 tahun ke atas pada Sabtu (26/6/2021) pagi, justru mengundang kerumunan.

Vaksinasi massal yang digelar di Gedung Cimahi Technopark tersebut menimbulkan antrean panjang masyarakat dari berbagai kalangan. Peserta vaksinasi berbaris menunggu giliran, namun mayoritas tak menjaga jarak.

Berdasarkan informasi, vaksinasi yang diselenggarakan oleh Polres Cimahi pada hari ini ditujukan bagi 4.000 warga Kota Cimahi. Pihak kepolisian tak ada yang terlihat mengatur barisan peserta vaksinasi.

Salah seorang peserta vaksinasi Hilman Abdul Jabar (30), mengatakan ia datang ke lokasi vaksinasi pada pukul 09.00 WIB. Namun hingga pukul 10.00 WIB dirinya belum masuk ke ruang vaksinasi.

"Iya tadi sengaja datang jam 9, saya kira datang awal ternyata yang lain juga sudah banyak yang antre. Ya lumayan sampai mau masuk nunggu dulu sejam," kata Hilman kepada wartawan.

Kendati harus menunggu, namun dirinya mengaku tak keberatan lantaran kesempatan untuk divaksinasi COVID-19 sebagai upaya memutus penyebaran COVID-19 cukup sulit.

"Kalau yang kerja di pabrik kan agak sulit kalau mau divaksinasi, perusahaan belum tentu mengadakan. Nah kebetulan sekarang ada kesempatan, ya harus dimanfaatkan," jelasnya.

Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan vaksinasi kali ini jadi upaya menekan kasus COVID-19. Diakuinya animo masyarakat Cimahi untuk mengikuti vaksinasi amat besar.

"Hari ini 4000 yang menjalani vaksinasi di Technopark. Bergantian sehari ini untuk mempercepat target di Cimahi. Animonya memang banyak sekali padahal pendaftaran online tapi yang datang membludak," kata Ngatiyana.

Dirinya menyebut hingga saat ini pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Cimahi baru menyentuh angka 13 persen dari jumlah penduduk sekitar 600 ribu orang.

"DiCimahi inivaksinasinya baru 13 persen dari jumlah penduduk. Jadi masih banyak sisanya. Makanya setiap hari ada yang divaksinasi 1000 sampai 2000 orang, dan itu kita terus genjot,"tandasnya.