PPDB SMA Banten Diperpanjang, Tapi Pendaftaran Online Dinonaktifkan Dulu

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 18:27 WIB
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
(Foto: Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
Serang -

Pelaksanaan PPDB untuk SMA Negeri di Provinsi Banten sejatinya diperpanjang hingga 28 Juni 2021. Tapi, website pendaftaran di https://ppdbmandiri.bantenprov.go.id/ dinonaktifkan sementara karena masa pendaftaran yang telah habis.

Orang tua calon peserta didik Toto ST Radik menceritakan, website PPDB memunculkan informasi bahwa sementara pendaftaran mandiri dinonaktifkan karena masa pendaftaran yang habis. Terdapat tanda silang yang artinya website tidak bisa dimasuki.

"Katanya diperpanjang malah dinonaktifkan, itu tadi dicek barusan pukul 17.29 WIB," kata Toto bercerita ke detikcom di Serang, Jumat (25/6/2021).

Tampilan tanda silang itu begitu ia mau masuk ke website untuk mengecek nasib anaknya yang sudah mendaftar di salah satu sekolah. Begitu ia menulis NISN di laman login dan memasukan kata sandi, langsung muncul tanda silang.

"Ngecek pagi, ngecek sore. Pagi bisa login. Tapi ngacak dalemnya, eh sore malah dilockdown macam kena Corona," ujarnya.

Di pagi hari sekitar pukul 08.30 WIB, ia memang bisa login. Tapi di menu jalur zonasi malah ada tampilan kata-kata eror.

Kondisi menjengkelkan ini juga dirasakan oleh orang tua calon peserta didik lain. Sama halnya dirasakan oleh Tb Ahmad, ia pun kesulitan mengecek website pendaftaran meskipun cuma mau memantau nasib hasil pendaftaran anaknya.

"Nggak bisa dari jam setengah 11, jam setengah 12, pusing bodo amat. Sampai temen saya juga stress, padahal cuma mau lihat doang mau login," ujarnya.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten telah memperpanjang pendaftaran PPDB hingga 28 Juni untuk jalur zonasi. Hal ini diungkapkan setelah ada kesepakatan bersama DPRD Banten.

"Kesepakatan legislatif dan eksekutif, sesuai kesepakatan ada perpanjangan, nanti akan dilaporkan ke pimpinan dan disepakati ada penambahan waktu, nanti keputusannya akan disampaikan ke pimpinan," kata Kepala Bidang SMA Lukman kepada wartawan di Gedung DPRD pada Kamis (24/6) kemarin.

Pengumuman untuk jalur zonasi ini juga disepakati berubah pada tanggal 30 Juni. Daftar ulang ditentukan pada 8-9 Juli.

Untuk pendaftaran jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan orang tua dilakukan tanggal 1-5 Juli. Pengumuman pada 7 Juli dan pendaftaran ulang ke sekolah pada 8-9 Juli.

(bri/mud)