203 ASN Positif COVID-19, Pemkot Cimahi Terapkan 75 Persen WFH

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 14:03 WIB
Coronavirus. COVID-19. Copy space. 3D Render
Foto: Ilustrasi (Getty Images/BlackJack3D).
Cimahi -

Sebanyak 203 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di lingkungan Kantor Pemerintahan Kota Cimahi dinyatakan positif COVID-19. Rinciannya sebanyak 158 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 45 Tenaga Harian Lepas (THL).

Alhasil saat ini hanya sebanyak 25 persen ASN saja yang menjalani Work From Office. Sementara 75 persennya lagi diharuskan menjalani Work From Home (WFH) untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

"Untuk di kita ada 203 ASN yang terkonfirmasi positif. Jadi sekarang diterapkan WFO itu maksimal 25 persen," ujar terang Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana kepada wartawan, Jumat (25/6/2021).

Ngatiyana mengatakan seluruh ASN Pemkot Cimahi yang terkonfirmasi positif COVID-19 itu saat ini sedang menjalani isolasi mandiri lantaran tidak bergejala.

"Kondisinya mereka itu OTG sehingga isolasi mandiri di rumah saja. Tapi kita pantau untuk kondisi kesehatannya setiap hari," ungkapnya.

Ngatiyana memastikan kendati banyak yang terpapar namun pelayanan di Pemkot Cimahi tetap berjalan kendati kurang maksimal. Pelayanan administrasi kependudukan misalnya, didukung dengan pelayanan secara online.

"Untuk pelayanan kita upayakan tetap berjalan maksimal. Tapi meminimalisir penyebaran COVID-19 juga, administrasi kependudukan bisa diurus secara online," tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi Mochammad Ronny menambahkan secara keseluruhan ada 378 PNS dan THL di Kota Cimahi yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Selain 203 ASN di lingkungan Pemkot Cimahi, temuan kasus tersebut COVID-19 juga berasal dari lingkungan kantor kecamatan, Sekretariat DPRD Kota Cimahi, Inspektorat Kota Cimahi, RSUD Cibabat, hingga BPBD Kota Cimahi.

"Untuk yang di dalam Pemkot Cimahi saja itu kan sudah disebutkan ada 203. Lalu di luar Pemkot, total 175 orang. Rinciannya 98 PNS dan 77 THL," terang Ronny.

Kasus COVID-19 di Kota Cimahi sendiri terus mengalami lonjakan setiap harinya selama beberapa pekan belakangan. Berdasarkan data di Pusat Informasi COVID-19 Cimahi (PICC), hingga 24 Juni jumlah kasus COVID-19 menyentuh 7307 kasus. Rinciannya 786 orang positif aktif, 6371 orang dinyatakan sembuh, dan 150 orang meninggal dunia.

(mso/mso)