Kasus Menggila, Gubernur Banten: Banyak Doa COVID-19 Mampus!

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 14:17 WIB
Wahidin Halim
Gubernur Banten Wahidin Halim (Foto: Pemprov banten)
Serang -

Kondisi darurat COVID-19 mengakibatkan seluruh rumah sakit penanganan virus di Provinsi Banten hampir 100 persen penuh. Sambil melakukan penanganan, Gubernur Wahidin Halim meminta warga banyak berdoa supaya virus mampus.

"Udah banyak doa sama Allah, supaya COVID ini mampus, mampus, mampus," kata Wahidin kepada wartawan di DPRD Banten di Jalan Syekh Nawawi Al Bantani, Serang, Kamis (24/6/2021).

Gubernur menyebut keterisian tempat perawatan RS rata-rata pada hari ini mencapai 86-90 persen. Itu tandanya pasien terpapar virus sudah memenuhi hampir ruangan yang tersedia.

"Semua RS sudah penuh, kalau lebih 100 persen belum. tapi 86-90 persen itu sudah full," ujarnya.

Untuk antisipasi, Satgas juga sudah mendiskusikan untuk mencari tempat tambahan isolasi atau perawatan. Namun, masalahnya adalah tenaga kesehatan yang terbatas. Bahkan, DKI Jakarta katanya meminta bantuan tenaga kesehatan untuk di Jakarta Utara.

"Bahkan Jakarta minta kita membantu untuk penanganan rumah singgah atau RS yang ada di Sunter, kita juga nggak bisa," tambahnya.

Di Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang saja saat ini sudah kesulitan tenaga kesehatan. Akhirnya, manajemen meminta tambahan perawat dari RS lain.

"Jadi kita kesulitannya tenaga kesehatan. Bangunan banyak, kasur bisa kita beli, tenaga kesehatan yang belum bisa dapatkan," pungkasnya.

(bri/mud)