Heboh Saung Angklung Udjo Lelang 13 Barang via Website

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 14:44 WIB
Saung Angklung Udjo lelang 13 barang via website
(Foto: Tangkapan layar website)
Bandung -

Warganet dihebohkan dengan sejumlah barang dari Saung Angklung Udjo (SAU) dilelang di situs lelang.go.id. Ada 13 unit barang yang dilelang.

Informasi lelang barang SAU tersebut diunggah pengguna Twitter @speedymeter. Seperti dilihat detikcom pada Rabu (23/6/2021) pukul 14.15 WIB, pengguna Twitter itu mengunggah potongan gambar berupa list barang-barang yang dilelang.

Dalam list tersebut, ada 13 barang yang dilelang. Mulai dari harga limit paling murah Angklung Sarinade Rp 283 ribu hingga paling mahal unit orkestra Angklung senilai Rp 13 juta. Sementara untuk harga jaminan dari kedua barang itu yakni Rp 141 ribu untuk Angklung Sarinade dan Rp 6,5 juta untuk unit orkestra Angklung.

Dalam foto tersebut juga disebutkan lelang dilakukan pada Selasa (29/6) mendatang. Lelang dilakukan di web lelang.go.id

Masih dalam foto list itu, pada kepala surat tertera penjelasan bila barang yang dilelang tersebut berkategori lelang non eksekusi atu sukarela.

"Kalian terlalu fokus pada Jerinya sehingga ngga notice saat Saung Angklung Udjo lagi suffer dan baru-baru ini sedang mengajukan lelang atas properti mereka. Sad," ujar pengunggah.

Akan tetapi dalam thread tersebut, akun Ditjen Kekayaan Negara (Ditjen KN) sempat menanggapi membalas unggahan itu. Ditjen KN melalui akun resminya menjelaskan bila Ditjen KN sedang melakukan kerja sama dengan UMKM memasarkan produknya di lelang.go.id

"Saat ini, DJKN melalui kantor vertikalnya yaitu KPKNL, mendorong para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya melalui lelang (pada portal lelang.go.id)," kata akun DJKN.

"Ini dilakukan agar para pelaku UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas, sekaligus mendukung pemulihan ekonomi nasional," tambahnya.

Detikcom mencoba mengkonfirmasi informasi itu ke pengurus Saung Angklung Udjo. Detikcom menghubungi Taufik Hidayat selaku pengurus baik melalui telepon maupun chat WhatsApp namun tak mendapat respons hingga pukul 14.25 WIB.

(dir/mud)