Waspada! Makin Banyak Siswa TK, SD hingga SMP di Cimahi Positif COVID-19

Whisnu Pradana - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 20:01 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Cimahi -

Kasus COVID-19 di Kota Cimahi mulai menyasar kalangan anak-anak. Berdasarkan catatan Dinas Pendidikan Kota Cimahi, sebanyak enam orang siswa TK terpapar COVID-19.

Tak cuma siswa TK saja, sebanyak 46 orang siswa SD dan 6 orang siswa SMP turut dinyatakan positif COVID-19. Jumlah tersebut masih bisa terus bertambah jika melihat pada perkembangannya dalam beberapa pekan terakhir.

Pada 14 Juni lalu jumlah siswa SD yang terpapar COVID-19 sebanyak 23 orang dan siswa SMP yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak enam orang. Saat ini siswa SMP, satu orang sudah dinyatakan sembuh.

"Kita mendapatkan data jumlah siswa TK, SD, dan SMP yang terpapar COVID-19 bertambah. Dan data itu bisa terus berkembang," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Harjono kepada wartawan, Selasa (22/6/2021).

Namun berdasarkan tracing dan tracking, semua siswa yang positif COVID-19 tertular dari keluarganya lantaran sebelumnya sempat melakukan perjalanan antardaerah pada libur lebaran.

"Kami yakini ini bukan dampak dari pelaksanaan simulasi PTM tahap I ataupun tahap II. Karena beberapa sekolah yang menjalani simulasi juga tidak ada yang siswanya positif," terangnya.

"Kita mensinyalir setelah simulasi PTM beberapa waktu lalu itu kan dilanjutkan dengan penilaian akhir tahun (PAT), nah disitu ada muncul kasusnya," kata Harjono menambahkan.

Tak cuma siswa saja, ternyata guru di Kota Cimahi juga banyak yang terpapar COVID-19. Tercatat ada empat guru TK/PAUD yang positif COVID-19. Ada juga 36 guru SD dan lima guru SMP yang juga positif.

"Guru sebagian tertular di rumah sebagian aktivitas di sekolah. Sekarang hanya 25 persen kegiatan di sekolah. Jadi semuanya bukan karena simulasi PTM," bebernya.

Imbas dari positifnya siswa dan guru di Cimahi itu berujung pada penundaan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas yang dijadwalkan digelar pada 19 Juli mendatang.

"Plt Wali Kota Cimahi kemungkinan besar menunda pelaksanaan PTM Juli nanti. Penundaannya satu bulan," tandasnya.

Simak video 'BPK Ungkap Permasalahan Pemerintah Tangani Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]

(ern/ern)