Hari Kedua PPDB SMA Banten Kembali Eror

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 08:33 WIB
Ilustrasi PPDB
Foto: Ilustrasi PPDB (Luthfy Syahban/detikcom).
Serang -

Situs PPDB untuk SMA Negeri di Provinsi Banten kembali eror pada Selasa (22/6/2021) pagi ini. Situs resmi pendaftaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten melalui website www.ppdbmandiri.bantenprov.go.id tidak bisa diakses.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Arifin, warga Cipocok Jaya, Kota Serang. Ia tidak bisa masuk ke website dan kalaupun masuk banyak sistem yang eror.

"Masih kacau, ini udah 2 malem begadang, kayaknya masalahnya servernya eror, nggak bisa masuk. Kemarin udah bisa masuk tapi sekolah yang ditujunya nggak bisa, itu tetangga malah ada yang masuk pilihannya ke SMA 4 Pandeglang padahal di Kota Serang," kata Arifin kepada detikcom, Serang, Selasa (22/6/2021).

Dia menyebut ada tetangganya yang juga mengikut PPDB namun datanya malah hilang usai mendaftar. PPDB Banten katanya tidak ada perubahan karena selalu eror.

"Nggak ada perkembangan kan, kacau ini," ujar Arifin mengeluh.

Pada Senin (21/6) kemarin, ia sebetulnya berhasil masuk ke server PPDB. Namun, pilihan sekolah yang dituju tidak ada karena dirinya dianggap berasal dari luar daerah.

"Domisilinya kan harusnya di sini di Cipocok, tapi waktu sempat masuk itu domisilinya luar daerah. Begitu beberapa jam kemudian masuk satu daerah, setelah itu error terus. Tetangga juga keluhannya serupa," kata Arifin.

Ia juga sudah mendatangi SMA 6 tempat anaknya akan mendaftar sesuai zonasi. Pihak sekolah malah meminta orang tua bersabar dan menunggu informasi lanjutan dari Dindikbud.

"PPDB ini kelemahannya nggak ada pusat informasi, kita mau nanya ke siapa kalau eror. Udah gitu dari awal tidak ada anak-anak pelatihan cara masuk ke sekolah, bagaimana cara ngisinya, bagaimana kalau terjadi eror, kita nggak tau mau nanya kemana ini, kemarin kita ke sekolah malah disuruh nunggu," pungkasnya.

Kepala Dinas Dindikbud Banten Tabrani mengakui bahwa sistem sempat eror saat awal pembukaan kemarin. Tapi, ia klaim server sudah normal dan bisa diakses begitu ada masalah.

"Jam berapa server mulai eror, tadi sampai jam 11 aman yah," kata Tabrani pada Senin (21/6) kemarin.

Simak juga 'Soal PPDB DKI, Anies Tak Ingin Ada 'Hidden Privilege'':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/mso)