Jabar Hari Ini: Varian Delta Masuk Karawang-Jawa Barat Berat Lockdown

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 21:20 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Ridwan Kamil (Foto: Pemprov Jabar)

Pria Kuningan Tak Percaya Corona-Siap Sentuh Mayat Positif Dibebaskan

Polisi membebaskan Asep Sakamullah pria asal Desa Ciwaru, Kecamatan Ciwaru, Kabupaten Kuningan yang membuat video pernyataan tidak percaya corona dan ingin menyentuh mayat terpapar COVID-19.

Kasatreskrim Polres Kuningan AKP Danu Raditya Atmaja mengatakan setelah melakukan pemeriksaan dan mendalami isi video berdurasi 2 menit 50 detik yang dibuat Asep, pihaknya tidak menemukan adanya unsur pidana.

"Jadi yang bersangkutan punya keyakinan covid ini tidak ada. Terkait penanganan apakah ada tindak pidananya, setelah didalami hanya berupa pendapatnya saja, jadi tidak ada hal yang disudutkan atau unsur pidananya," kata Danu hari ini.

Menurut Danu di rekaman video yang viral itu Asep hanya menyampaikan pendapat pribadinya yang tidak percaya akan virus Corona. Atas dasar itulah, Asep kemudian dipulangkan ke keluarganya setelah sempat ditangkap.

Meski telah dipulangkan namun polisi meminta Asep melakukan wajib lapor seminggu dua kali selama satu bulan. Kata Danu, hal itu dilakukan agar Asep tidak lagi mengulangi perbuatannya.

"Jadi tidak ada unsur menghasut atau berita bohong, hanya menyampaikan pendapat. Video itu memang meresahkan masyarakat saja, ada beberapa memang yang merasa terganggu dengan video Asep ini," ujarnya.

"Jadi setelah mengklarifikasi dan membuat pernyataan maaf kita kembalikan ke keluarganya. Kita minta dia wajib lapor untuk memantau agar tidak membuat resah lagi masyarakat. Wajib lapor selama satu bulan untuk dibina agar tidak terulang lagi," pungkasnya.