Bantuan PPKM Belum Optimal, Bupati Bandung Sentil Dinas Sosial

Muhammad Iqbal - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 19:40 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna
Foto: Bupati Bandung Dadang Supriatna (Muhammad Iqbal/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Bupati Bandung Dadang Supriatna menilai Dinas Sosial Kabupaten Bandung belum fokus terhadap penangan COVID-19. Pasalnya, ia masih menemukan keluhan warga yang tidak mendapat makanan ketika isolasi mandiri di rumah.

Dadang mengatakan pemerintah belum optimal hadir dalam penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Pasalnya, dia masih menemukan banyaknya keluhan masyarakat yang tidak mendapat bantuan khususnya makanan ketika melakukan isolasi mandiri di rumah.

Atas temuan tersebut, Dadang menilai Dinas Sosial belum bekerja secara maksimal.

"Di sini saya melihat Dinas Sosial belum fokus kepenanganan ini," ungkap Dadang usai meninjau vaksinasi di Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung, Senin (21/6/2021).

Dadang menjelaskan, PPKM skala mikro memberikan kemudahan kepada pemerintah untuk mencegah penularan dan mengurangi mobilitas warga yang positif COVID di level desa. Seharusnya, bantuan berupa makanan akan lebih mudah tersalurkan dengan sasaran yang lebih kecil.

"PPKM terbatas ruang lingkup kecil tapi perhatian pemerintah enggak ada, (seperti) makanan. Nanti kecewa lagi masyarakat, (saya) enggak mau," kata Dadang.

Dia meminta agar Dinsos lebih fokus dalam menyalurkan bantuan tersebut. Apabila terkendala dalam masalah anggaran, kata Dadang, hal tersebut dapat didiskusikan.

"Lebih baik pahit dari sekarang, ini kita harus fokus, bila tidak ada anggaran bisa dibicarakan bagaimana, refocusing lagi," ungkapnya.

Sekadar diketahui, saat ini Kabupaten Bandung masuk dalam zona merah atau zona risiko tinggi penularan COVID-19. Di Kabupaten Bandung, banyak kasus positif aktif melakukan isolasi mandiri di rumah.

Per tanggal 20 Juni, ada 2.310 kasus positif aktif di Kabupaten Bandung. Dari total kasus aktif, sebanyak 2.227 pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

(mso/mso)