Belasan Rumah di Lakbok Ciamis Rusak Diterjang Puting Beliung

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 07:57 WIB
Puting beliung rusak belasan rumah di Ciamis
Foto: Istimewa
Ciamis -

Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang Desa Puloerang, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (20/6/2021) sore. Akibatnya belasan rumah rusak tertimpa pohon dan terbawa angin.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis, Ade Waluya mengaku mendapat laporan dari anggotanya yang ada di lokasi kejadian. Menurut Ade umumnya rumah warga rusak pada bagian atap karena terbawa angin.

"Dari laporan, kejadian ini mengakibatkan 19 rumah rusak ringan dan berat berdasarkan hasil pendataan sementara," ujar Ade Waluya kepada detikcom, Senin (21/6/2021).

Ade menjelaskan selain mengakibatkan rumah rusak, angin puting beliung ini juga menyebabkan terganggunya jaringan listrik. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Anggota Tagana beserta aparat lainnya terjun ke lokasi membantu masyarakat yang terkena musibah. Terutama memperbaiki atap yang bocor dan rusak akibat tertimpa pohon dan terbang terbawa angin.

Ade mengimbau kepada masyarakat di wilayah tersebut tetap waspada. Sebab cuaca saat ini tidak menentu dan masih berpotensi hujan deras disertai angin kencang.

"Kami ingatkan untuk waspada. Kalau ada pohon besar dekat rumah yang berpotensi tumbang sebaiknya dipangkas. Sehingga saat diterpa angin tidak mudah tumbang," katanya.

Simak video 'Ada Gangguan Atmosfer, Pertumbuhan Awan Hujan Masih Cukup Tinggi':

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)