Kantor Dinas PU Pangandaran Terbakar, Petugas Berjibaku Lakukan Pemadaman

Faizal Amiruddin - detikNews
Minggu, 20 Jun 2021 18:02 WIB
Kantor Dinas PU Pangandara terbakar.
Foto: Kantor Dinas PU Pangandara terbakar (Faizal Amiruddin/detikcom).
Pangandaran -

Kantor Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pangandaran yang terletak di Jalan Raya Parigi, Desa Karangbenda, Kecamatan Parigi, terbakar, Minggu (20/6/2021). Si jago merah diketahui berkobar sekitar pukul 16.00 WIB.

Petugas pemadam kebakaran Pangandaran langsung melakukan upaya pemadaman. Kobaran api terlihat hebat di lantai dua bangunan kantor yang dipimpin oleh Dadang Dimyati tersebut. Dua mobil pemadam kebakaran terus mengarahkan pemadaman ke lantai dua. Dengan menggunakan tangga petugas menyemprot air dari jendela lantai dua.

Upaya pemadaman juga sempat terkendala karena kantor dalam posisi terkunci. Setelah berhasil masuk, petugas dan beberapa warga membantu mengeluarkan barang-barang dan berkas yang masih bisa diselamatkan. Para pegawai kantor tersebut juga mulai berdatangan melihat kondisi kantor termpat kerja mereka.

Musibah kebakaran juga memancing kerumunan warga dan kemacetan arus lalu lintas. Antrean kendaraan mengular di kedua jalur.

Salah seorang saksi Hari Setiawan (18), warga setempat mengaku awalnya dia melihat kepulan asap dari gedung tersebut. Dia juga melihat kobaran api di mesin kompresor AC. "Habis salat Ashar saya lewat depan kantor ini. Saya melihat kepulan asap dari dalam ruangan kantor," kata Hari.

Hari langsung berinisiatif melapor ke kantor pemadam kebakaran (BPBD) yang berjarak sekitar 150 meter dari TKP. "Tak lama mobil pemadam kebakaran datang berusaha memadamkan api," kata Hari.

Dia juga mengatakan saat kejadian kantor Dinas PU dalam keadaan kosong atau tak ada orang. "Saya sempat lihat motor satu terparkir sebelum kejadian, tapi langsung pergi lagi," katanya.

Hingga Minggu pukul 17.30 WIB petugas pemadam kebakaran masih berusaha memadamkan api. Sejumlah polisi juga melakukan penjagaan dan mengatur arus lalu lintas. Sejauh ini belum diketahui penyebab kebakaran kantor Dinas PU Kabupaten Pangandaran tersebut.

(mso/mso)