20 Rumah di Astanaanyar Hangus Terbakar, Pemkot Bandung Siapkan Bantuan

Wisma Putra - detikNews
Minggu, 20 Jun 2021 14:21 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial tinjau lokasi kebakaran di Astanaanyar.
Foto: Wali Kota Bandung Oded M Danial tinjau lokasi kebakaran di Astanaanyar (Humas Pemkot Bandung).
Bandung -

20 unit rumah yang dihuni 95 jiwa di RT 04 RW 04, Kelurahan Nyengseret, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung terbakar, Sabtu (19/6) malam. Pemkot Bandung siapkan batuan.

Wali Kota Bandung Oded M Danial, langsung meninjau lokasi kebakaran, Minggu, (20/6/2021) pagi. Kedatangan Oded, untuk memastikan jika warganya dalam keadaan baik-baik saja.

Dalam kunjungannya, Oded memerintahkan Camat Astanaanyar dan Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung untuk mendirikan dapur umum. Dapur umum akan melayani korban terdampak selama sepekan ke depan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Dari sebanyak 95 orang yang ikut terdampak, 70 jiwa di antaranya mengungsi di aula kantor Kelurahan Nyengseret.

Oded juga ingin memastikan, warga yang belum memiliki tempat tinggal sementara untuk segera ditangani.

"Ada sebagian warga yang telah dibawa keluarganya. Ada juga yang masih di sini (di lokasi kebakaran). Itu yang menjadi tanggung jawab kita untuk membantunya," kata Oded dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom.

Saat meninjau lokasi kebakaran, Oded sempat berbincang dengan warga yang menjadi korban. Oded berharap, warga yang menjadi korban kebakaran bisa tabah dan menerima musibah tersebut.

Tak hanya itu, ia juga mengimbau kepada warga Kota Bandung lainnya untuk terus waspada dan berhati-hati terhadap bencana kebakaran.

"Terpenting, warga harus lebih waspada terhadap bencana kebakaran," imbaunya.

Kebakaran yang terjadi di kawasan pasar penduduk ini berhasil dipadamkan Dinas Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kota Bandung.

"Terima kasih kepada Diskar yang sudah cepat tanggap mengatasi kebakaran ini," ujar Oded.

(wip/mso)