Kasus COVID-19 Naik di Pandeglang, Ruang Isolasi Penuh-Nakes Terpapar

Rifat Alhamidi - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 16:23 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Pandeglang -

Lonjakan COVID-19 kembali terjadi di Pandeglang, Banten. Akibatnya, ruang isolasi di RSU Berkah saat ini dilaporkan sudah penuh terisi oleh pasien yang terpapar virus Corona.

"Ya, benar. Tadi saya dapat informasi kalau ruang isolasi di rumah sakit kami itu sudah penuh semuanya sama pasien COVID," kata Direktur RSU Berkah Pandeglang Kodiat Juarsa kepada detikcom, Jumat (18/6/2021).

Ia merinci kapasitas ruang isolasi di RSU Berkah hanya bisa menampung 14 pasien COVID-19. Kini, ruangan tersebut sudah penuh terisi dengan rincian 6 pasien tekanan negatif, 4 tekanan sedang dan 4 pasien dari IGD COVID-19.

Untuk antisipasi penambahan, pihaknya berencana menambah ruang isolasi untuk pasien COVID-19. Namun, hal itu pun masih memerlukan pertimbangan karena tenaga kesehatan (Nakes) di RSU Berkah juga banyak yang tumbang terpapar Corona.

"Kalau nambah ruangan, kami juga mempertimbangkan pasien umum lainnya nanti khawatir enggak bisa dilayani secara maksimal. Ditambah, belakangan ada 2 tenaga kesehatan kami yang ikut terpapar. Itu tenaga di ruang isolasi COVID sama di ruang radiologi," ucapnya.

"Paling untuk antisipasinya, kami rujuk ke rumah sakit lain di luar Pandeglang. Bagaimanapun tenaga di rumah sakit kami saat ini juga mengalami keterbatasan," tambahnya.

Terkait dua nakes tersebut, Kodiat memastikan mereka sudah menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Satgas COVID-19 pun sudah melakukan tracing kepada kerabat dan lingkungan di tempat mereka tinggal.

"Mereka sudah isman (isolasi mandiri) di rumah. Tim sekarang lagi tracing supaya mengantisipasi adanya penularan lagi," ujarnya.

(mso/mso)