Warga Kampung di Sukabumi Selatan Segera Menikmati Listrik

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 15:23 WIB
Pembangunan Jaringan Listrik di Kabupaten Sukabumi
Aktivitas pembanguan jaringan listrik di kampung yang berlokasi di selatan Sukabumi. (Foto: Dok.PLN Sukabumi)
Sukabumi -

Masih ingat dengan kampung tanpa listrik di pedalaman Kabupaten Sukabumi? Akhirnya, PT PLN (UP3) Sukabumi mulai membangun jaringan listrik ke wilayah tersebut.

Dalam waktu dekat warga akan menikmati aliran listrik milik perusahaan pelat merah tersebut. Tiga kampung itu berlokasi di Desa Nangela, Kecamatan Tegalbuleud.

"Ada tiga kampung yakni Sukasirna, Cikuya dan Caringin. Kami menyediakan 160 tiang PR dan 42 tiang PM plus dua gardu listrik," kata Humas PT PLN (UP3) Sukabumi Wiwin Darwati kepada detikcom, Jumat (18/6/2021).

Wiwin mengungkapkan warga di kampung tersebut antusiasme. Mereka kompak mengulurkan tangan untuk memberikan bantuan dan gotong royong mengangkut peralatan yang tidak bisa dibawa menggunakan kendaraan roda empat.

"Akses jalan ya sampai sekarang memang belum baik, namun antusias warga untuk membantu menggotong tiang dan peralatan lainnya, luar biasa," ucapnya.

"Aksesnya itu kurang lebih 15 kilometer. Bagaimanapun sulitnya, kami juga merasakan aura kegembiraan dari warga. Ini adalah hak warga untuk menikmati listrik," ujar Wiwin menambahkan.

Awalnya, kondisi kampung tanpa listrik tersebut dikabarkan oleh sejumlah relawan sosial yang menelusuri kampung di Sukabumi Selatan. Mereka menemukan fakta soal jaringan listrik dan infrastruktur yang tidak memadai.

Dihubungi terpisah, Andri Kurniawan, Ketua Yayasan Sehati Gerak Bersama, salah seorang relawan yang memonitor kondisi kampung tersebut, mengaku bersyukur karena dalam waktu dekat warga di tiga kampung itu dapat menikmati listrik.

"Alhamdulillah atas nama kemanusiaan dan teman-teman relawan, kami ucapkan terima kasih kepada pihak PLN yang akan mengaliri listrik ke kampung tersebut. Mudah-mudahan ini menjadi informasi kebaikan bagi khalayak ramai," tutur Andri.

Menurut Andri, saat ini warga di kampung tersebut sudah menikmati aliran air bersih yang dibangun oleh relawan. "Alhamdulillah air bersih sudah, berikut sanitasi. Ini peran teman-teman relawan di Kampung Cikuya. Insyaallah ke depan kami akan kembali melakukan sesuatu di kampung-kampung lainnya di daerah tersebut," kata Andri.

Sebelumnya, warga di Kampung Sukasirna, Desa Nangela, Kecamatan Tegalbuleud, hanya bisa memanfaatkan jaringan listrik dari panel surya yang hanya mampu bertahan selama lima jam. Kondisi kampung tersebut ditemukan sejumlah relawan yang melakukan telusur kampung ke daerah Sukabumi Selatan. Selain soal jaringan listrik, keberadaan Kampung Sukasirna seolah terisolir oleh kondisi infrastruktur yang tidak memadai.

(sya/bbn)