Mal Pelayanan Publik Karawang, Bisa Belanja Sambil Urus Administrasi

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 11:42 WIB
Pemkab Karawang segera membangun mal pelayanan publik
(Foto: Yuda Febrian) Pemkab Karawang segera mengoperasikan mal pelayanan publik
Karawang -

Membuat administrasi, dan dokumen pelayanan sembari belanja di mal. Itulah gambaran yang nantinya diwujudkan oleh Mal Pelayanan Publik (MPP) Pemkab Karawang.

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengungkapkan telah merencanakan inovasi pelayanan publik di mal, bertujuan untuk memudahkan masyarakat mengakses pembuatan segala administrasi, dan dokumen pelayanan lainnya.

"Inovasi Mal pelayanan publik ini sebagai upaya kemudahan akses pelayanan pembuatan segala dokumen atau administrasi bagi masyarakat," kata Cellica saat penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemkab dengan PT Galuh Mas Citarum terkait penyelenggaraan MPP, Jum'at (18/6/2021).

Bupati menginginkan keberadaan MPP ini ke depan bisa menjadi pusat ekonomi baru, tidak hanya untuk pelayanan dokumen saja, melainkan juga menggerakan roda perekonomian.

"Biar benar-benar seperti mal. Masyarakat yang datang selain mengurus dokumen dan perizinan, bisa sembari berbelanja," terang Bupati.

Selanjutnya, Bupati juga ingin pelayanan publik memiliki inovasi sehingga bisa menjadi daya tarik masyarakat. Selain memang bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat pelayanan urusan dokumen.

"MPP sejatinya adalah sebuah inovasi penyederhanaan birokrasi, masyarakat dipermudah dalam melakukan berbagai aktivitas pelayanan publik di satu tempat," katanya.

Sementara itu dari data yang ditampilkan pada draft pembentukan MPP oleh DPMPTSP, lokasi MPP tengah dipersiapkan oleh pihak mal seluas 710 meter persegi dengan sarana dan prasarana sebagai penunjang. Area MPP, akan dipusatkan di Mal Technomart lantai dasar.

Adapun instansi yang terlibat dalam MPP sebanyak 18 instansi, di antaranya DPMPTSP, Catpil, PUPR, LHK, Disnaker, Dinkop, Bapenda, KPP pratama, Imigrasi, BPN, Kepolisian, BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan, PDAM, PLN, KEMENAG, BJB, BRI.

"Agustus rencana soft launching nya, dan September grand launching nya," tandasnya.

(mud/mud)