3 Nakes di Saketi Pandeglang Positif Corona, Puskesmas Sempat Lockdown

Rifat Alhamidi - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 19:45 WIB
Zona Merah Corona Jawa Barat Ada Di Mana Saja? Ini Sebarannya
Foto: ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Pandeglang -

Tiga orang tenaga kesehatan (nakes) di Kecamatan Saketi, Pandeglang, Banten dilaporkan terkonfirmasi positif Corona. Akibatnya, puskesmas di tempat mereka kerja harus dilockdown untuk memutus mata rantai virus tersebut.

"Ya, betul. Ada tiga orang tenaga kesehatan di PKM kami yang terkonfirmasi COVID-19, sekarang sedang proses sterilisasi gedung, ditutup dulu sementara," kata Kepala Puskesmas Saketi Oman Firmansyah saat dikonfirmasi di Pandeglang, Banten, Kamis (17/6/2021).

Oman menyebut, ketiga nakes itu diduga terpapar saat menangani pasien COVID-19 di puskesmas. Ketiganya memiliki gejala virus Corona dan saat ini sudah menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

"Memang ada gejala, mulai dari hilang indra penciuman, demam, batuk sama muntah. Ini yang terkonfirmasi," ungkapnya.

Pihaknya juga memastikan sudah mentracing anggota keluarga dan lingkungan yang pernah kontak dengan ketiga nakes tersebut. Terkait puskesmas yang dilockdown, Oman memastikan besok layanan akan mulai dibuka kembali.

"Besok layanan di PKM sudah bisa dibuka, sudah 3 hari ditutup. Sekarang, kami terus pantau tiga orang ini sambil terus mentracking supaya tidak ada penyebaran kembali," pungkasnya.

Berdasarkan data terakhir, kasus terkonfirmasi positif Corona di Pandeglang mencapai 2.344 kasus. Dengan 2.172 sudah dinyatakan sembuh, 126 masih dirawat dan 46 meninggal dunia.

(mso/mso)