Simulasi PTM Kota Bandung Dihentikan Imbas Kenaikan Kasus Corona

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 16:39 WIB
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana
Foto: Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana (Wisma Putra/detikcom).
Bandung -

Simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di Kota Bandung dihentikan sementara karena kasus COVID-19 kembali melonjak. Kebijakan itu diputuskan Wali Kota Bandung Oded M Danial dalam rapat terbatas evaluasi penyebaran COVID-19 di Kota Bandung.

"(PTM) Ditunda," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Kamis (17/6/2021).

Yana menyatakan pihaknya akan menunggu kebijakan pemerintah pusat terkait pelaksanaan PTM. Pasalnya saat ini kasus COVID-19 sedang mengalami lonjakan.

"Nunggu kebijakan pusat," ujarnya.

Menurutnya, perkembangan zona COVID-19 di setiap daerah juga terus dinamis. "Iya lah, apakah nanti jadi 10 persen atau berapa nunggu perkembangan. Resiko zona dinamis ya," ucapnya.

Seperti diketahui, Sekda Kota Bandung Ema Sumarna bersama jajaran Dinas Pendidikan beberapa waktu terakhir melakukan peninjauan simulasi sekolah di Kota Bandung. Simulasi dilakukan dari Tanggal 7-18 Juni.

Ema menyebut, kebijakan soal PTM menyangkut keselamatan jiwa manusia. Menurutnya, untuk prokes semua sekolah sudah siap.

"PTM sudah selesai (simulasi), artinya hari ini tidak ada kegiatan iya. Ini menyangkut keselamatan dan jiwa manusia. Saya katakan, dari yang dilihat di lapangan, dari mulai pendidik dan tenaga pendidik sudah paham menerapkan protokol kesehatan," ujar Ema.

"Tapi ini tidak sejalan dengan kondisi pandemi COVID-19 yang saat ini terjadi, makannya semua aktivitas kita hentikan," ujarnya.

Ema mengajak warga Kota Bandung menjaga prokes dan berdoa agar COVID-19 agar segera usai. "Toh nanti kalaupun dilaksanakan, baru terlaksana 19 Juli, berdoa saja mudah-mudahan menuju 19 Juli itu semua kembali landai, bisa saja kebijakan tersebut hisa dilaksanakan," pungkasnya.

(wip/mso)