Ciamis Masuk Zona Oranye, Tapi 4 Kecamatan Masih Merah

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 13:11 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Ciamis -

Kabupaten Ciamis kini sudah tidak lagi zona merah berdasarkan evaluasi risiko Covid-19 Jawa Barat. Meski kini sudah zona oranye, tapi 4 kecamatan masih masuk zona merah.

Kecamatan tersebut dinilai kasusnya masih tinggi menurut data Satgas COVID-19. Yakni Kecamatan Rancah, Kecamatan Panumbangan, Kecamatan Rajadesa dan Kecamatan Sindangkasih.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Ciamis Bayu Yudiawan menuturkan penilaian zonasi kecamatan dan kabupaten dari beberapa indikator mulai dari jumlah kematian, bed occupation rate, laju kasus dan kemampuan layanan kesehatan.

"Jadi 4 kecamatan masuk zona merah, selain penambahan kasus yang tinggi juga ada 14 indikator lainnya sehingga bisa masuk kategori zona merah," ungkap Bayu kepada detikcom, Kamis (17/6/2021).

Selain 4 zona merah, ada 3 yang masuk zona hijau yakni Cidolog, Purwadadi dan Cikoneng. Zona oranye tiga kecamatan yakni Kecamatan Ciamis, Kecamatan Panawangan dan Lumbung sedangkan 16 kecamatan masuk zona kuning.

"Kemarin zona merah memang karena angka kematian tinggi. Untuk Kecamatan Rancah juga memang disana ada klaster tenaga kesehatan di satu puskesmas, sebanyak 33 orang terpapar," katanya.

Meski Ciamis sudah tidak zona merah, tapi masyarakat harus menaati protokol kesehatan ketat. Jangan sampai ada lonjakan kasus yang nantinya akan ada kejadian lockdown total terjadi seperti di India dan Malaysia.

"Harus lebih waspada dan menerapkan Prokes, apalagi dikhawatirkan ada varian baru COVID-19 dari ledakan kasus di beberapa negara. Jangan hanya mengandalkan pemerintah, harus bahu membahu memerangi wabah ini. Jangan hanya pintar mengamati dan menyalahkan, mari ikut berjuang memerangi wabah ini mulai dari diri sendiri," tegasnya.

(mud/mud)