Tubuh Pemuda ODGJ di Pandeglang Melepuh Gegara Miras, Ini Kata Dokter

Rifat Alhamidi - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 10:22 WIB
Pemuda difabel di Pandeglang badannya melepuh diduga dicekoki miras
Foto: Pemuda di Pandeglang kulitnya melepuh gegara miras (Dok keluarga).
Pandeglang -

Pemuda penderita ODGJ di Pandeglang, Banten bernama Zaenal Abidin (27) harus dilarikan ke rumah sakit usai setengah badannya melepuh seperti terbakar gegara miras. Menurut penjelasan dokter, pemuda tersebut mengalami sindrom Stevens-Johnson atau penyakit alergi yang dipicu sesuatu yang dikonsumsinya.

"Kalau dari hasil diagnosa sementara, yang bersangkutan ini mengalami sindrom Stevens-Johnson. Faktor utamanya mengonsumsi obat-obatan atau miras sehingga membuat orang yang mengonsumsinya akan mengalami gejala seperti itu," kata Humas RSU Berkah Pandeglang Achmad Chubaesi saat dikonfirmasi, Kamis (17/6/2021).

Achmad menerangkan, gejala kulit korban melepuh diakibatkan karena dia telah mengonsumsi makanan atau minuman yang bertolak belakang dengan keadaan tubuhnya. Pasalnya diketahui, korban sedang dalam masa penyembuhan dari penyakit gangguan jiwa dua tahun terkahir ini.

"Jadi, penyakit ini sendiri memang kelainan serius pada kulit, serta lapisan bola mata. Penyakit ini sangat jarang terjadi dan bisa timbul karena reaksi tubuh terhadap obat atau infeksi," terangnya.

Ia pun menyebut, sindrom itu bisa saja mengancam nyawa korban jika tidak segera ditangani dengan serius. Biasanya, gejala pertamanya diawali dengan demam tinggi, tubuh terasa lelah, mata terasa panas, dan batuk.

"Iya, kalau tidak ditangani dengan serius bisa mengakibatkan kematian kepada korbannya," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang pemuda di Pandeglang, Banten bernama Zaenal Abidin (27) diduga dicekoki miras hingga mengakibatkan setengah badannya melepuh seperti mengalami luka bakar. Kondisi itu, rupanya dipengaruhi efek alergi obat lantaran korban sedang menjalani masa penyembuhan dari penyakit gangguan jiwa dua tahun terkahir.

"Zaenal ini kan sebetulnya keadannya bukan orang waras, dua tahun terkahir ini dia lagi pengaruh obat karena lagi masa pemulihan dari dokter. Nah dari hasil lab, kata dokter ada alergi obat karena pengaruh alkohol," kata sepupu Zaenal, Irwan Oktaviani (27) saat berbincang dengan detikcom di Pandeglang, Banten, Rabu (16/6/2021).

Kepada Irwan, Zaenal mengaku telah dicekok miras oleh seseorang pada Rabu (9/6/2021) malam saat nongkrong di emperan ruko wilayah Mengger, Pandeglang. Sepulang dari sana, esok harinya gejala tersebut muncul di bagian mulut korban.

Pada Kamis (10/6/2021), kondisi Zaenal makin memburuk. Tubuhnya yang melepuh menjalar hingga menutupi seluruh area wajahnya. Dia pun langsung dilarikan oleh keluarga ke puskesmas terdekat supaya mendapat pertolongan.

Saat tiba di puskesmas pada sore hari, kondisi Zaenal tak kunjung membaik. Tubuhnya yang melepuh sampai menjalar ke bagian dada dan mengharuskan pemuda difabel itu dirujuk ke RS Berkah Pandeglang.

"Bisa dibawa ke rumah sakit itu hari Jumat (16/6/2021) malam-malam kang, itu kondisi setengah tubuhnya udah melepuh. Alhamdulillah langsung ditangani, langsung masuk IGD terus luka bakarnya enggak menjalar lagi setelah dikasih obat sama dokter," ujarnya.

Simak juga 'Dinsos Jatim Bebaskan 13 Korban Pasung di Trenggalek Lalu Dikrim ke RSJ':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)