Larang Wisatawan ke Bandung Raya, Ridwan Kamil: Siapkan Penyekatan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 18:06 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Dian Firmansyah/detikcom).
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah mengeluarkan larangan bagi wisatawan datang ke Bandung Raya selama sepekan ke depan. Pos-pos penyekatan akan disiapkan.

"Para wisatawan jangan datang dulu ke Bandung Raya karena situasi sedang siaga satu dan kapasitas Bandung Raya rumah sakit sudah di atas 80 persen kalau ada keteledoran tak taat prokes dan ngotot datang nanti membuat situasi lebih tidak terkendali," ujar Kang Emil sapaan Ridwan di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA), Jalan Kopo, Kota Bandung, Rabu (16/6/2021).

Kang Emil menuturkan pelarangan ini akan diberlakukan selama tujuh hari. Nantinya, pihaknya akan melakukan evaluasi setelah tujuh hari.

"Nanti kita evaluasi per 7 hari melalui sebuah hasil yang terukur apakah akan pelonggaran atau sebagainya termasuk work from home itu juga sebagai bagian pengendalian dari situasi keterkendalian ini," kata dia.

Dengan adanya pelarangan tersebut, Kang Emil menuturkan nantinya juga akan dibuat posko penyekatan. Pihaknya sudah mengarahkan ke Polda Jabar untuk posko penyekatan tersebut.

"Sudah, Polda sudah menyiapkan untuk weekend ini penyekatan untuk memastikan tidak banyak orang yang datang ke Bandung Raya yang kegiatannya tersier bukan primer atau sekunder yang penting," katanya.

Sebelumnya berkaitan dengan COVID-19, Ridwan Kamil telah menyatakan Bandung Raya siaga satu. Pasalnya ada dua daerah di Bandung Raya yang masuk zona merah yaitu Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Selain itu, tingkat keterisian rumah sakit di Bandung Raya juga sudah di atas angka WHO.

"Wilayah Bandung raya kami nyatakan sedang siaga satu Covid," ujar Kang Emil sapaannya di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Selasa (15/6/2021).

Lihat juga Video: Waduh! Kades di Bandung Keliling Bawa Pasien Cari RS Kosong

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)