16 Warga Sariwangi Tasikmalaya Terpapar Corona

Deden Rahadian - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 15:17 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Ilustrator: Edi Wahyono)
Tasikmalaya -

Sebanyak 16 warga Desa Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, terpapar Corona. Mayoritas mereka menjalani isolasi mandiri di rumah masing masing.

"Sejauh ini dari hasil swab yang sudah dilaksanakan terhadap warga itu secara door to door ada 16 orang yang positif," kata Kades Sariwangi Ahmad Sahal Zarkasih di kantornya, Selasa (15/6/2021).

Warga itu tersebar di Kampung Kertasari RT 5 RW 1 (10 orang) dan Kampung Bojongpetir RT 4 RW 2 (6 orang). Pihaknya telah melakukan musyawarah untuk membantu warga terkonfirmasi positif COVID-19 itu.

"Sebanyak 15 orang diisolasi mandiri di rumah dan satu orang di rumah sakit RSUD SMC karena mempunyai penyakit penyerta jantung dan paru-paru," tutur Sahal.

Guna mengantisipasi penyebaran semakin meluas, Sahal melaksanakan swab test massal yang digelar di kantornya. Tercatat 67 Kepala Keluarga atau hampir 150 orang diperiksa. Pemerintah desa mengaku kecolongan lantaran informasi yang diperolehnya terlambat.

"Kalau dari awal ada pemberitahuan, kemudian kami melakukan pemeriksaan, insyaallah tidak akan terjadi seperti ini," ujarnya.

Belum diketahui pasti penyebab penularan di kawasan tersebut. "Diharapkan dengan adanya tracking dan swab ini untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Kami bersama warga ikut membantu bahu membahu untuk menekan lonjakan kasus COVID-19 ini," ucap Sahal.

(bbn/bbn)