Kasus Corona di Kuningan Terus Naik, Ruang Isolasi RS Rujukan Penuh

Bima Bagaskara - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 12:37 WIB
Ruang isolasi COVID-9  di RS Kuningan
Foto: Ruang isolasi COVID-9 di RS Kuningan (Bima Bagaskara/detikcom).
Kuningan -

Kasus COVID-19 yang terus mengalami lonjakan signifikan di Kabupaten Kuningan. Tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan juga saat ini dalam kondisi penuh.

"Di RSUD 45 Kuningan sekarang memang penuh untuk ruang isolasi," kata Lidya selaku Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD 45 Kuningan saat ditemui detikcom, Selasa (15/6/2021).

Karena penuhnya ruang isolasi di RSUD 45 Kuningan, pihak rumah sakit sendiri mengaktifkan kembali eks RS Citra Ibu (RSCI) untuk dijadikan tempat isolasi. Di sana ada 25 tempat tidur yang dicadangkan untuk menerima pasien positif COVID-19.

"Kalau di RSUD 45 ada 40 total tempat tidur, cadangannya di eks RSCI ada 25 tempat tidur, sekarang sudah terisi 6 tempat tidur. Untuk di RSCI ini kita khususkan buat pasien yang tidak bergejala berat," ucap Lidya.

Menurutnya lonjakan kasus COVID-19 di Kabupaten Kuningan sendiri sudah diprediksi sebelumnya. Hal itu menyusul masih banyaknya masyarakat yang tetap melakukan mudik meski dilarang pemerintah.

"Sudah memperkirakan memang habis lebaran pasti ada peningkatan. Tapi awalnya kita kira itu dua minggu setelah lebaran, namun nyatanya malah sekarang-sekarang," katanya.

Tidak hanya di RSUD 45, ruang isolasi di rumah sakit rujukan lainnya yakni RSUD Linggajati juga diketahui dalam keadaan hampir penuh. Dari 25 tempat tidur yang tersedia, 21 di antaranya saat ini sudah terisi.

"Masih sisa empat sekarang dari 25 tempat tidur. Kalau kemarin penuh tapi sekarang ada empat yang kosong. Jadi sempat full juga disini," ujar Dirut RSUD Linggajati Edi Martono saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Menurutnya jika lonjakan kasus COVID-19 di Kabupaten Kuningan terus terjadi, pihaknya juga sudah mempersiapkan untuk menambah kapasitas ruang isolasi.

"Kalau kita melihat situasi kalau diperlukan buka ruangan baru kita buka, tapi kalau masih bisa ditangani ya kita maksimalkan dulu. Kemarin pas penuh sempat mau dibuka tapi kemudian ada yang kosong," ujarnya.

Untuk diketahui, saat ini kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Kuningan tercatat sudah mencapai 6.936 kasus. Dari jumlah itu, 5.933 kasus dinyatakan sembuh, 822 kasus masih karantina dan 181 kasus meninggal dunia.

(mso/mso)