Zona Merah Corona, Satpol PP Jabar Pelototi Prokes di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 11:34 WIB
Ciamis -

Kabupaten Ciamis zona merah kerawanan COVID-19. Satpol PP Jabar bersama petugas gabungan selama tiga hari ini gencar memantau penerapan protokol kesehatan masyarakat.

Mulai dari melakukan operasi yustisi di beberapa daerah dan titik keramaian seperti Alun-alun Ciamis hingga patroli ke sekolah-sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM).

Seperti yang dilakukan Senin (14/6/2021), petugas gabungan dari Satgas COVID-19 Jabar memantau sekolah SMP Negeri 1 Ciamis. Mengingat Pemkab Ciamis tidak menghentikan PTM meski saat ini zona merah.

"Saya lihat sekolah di Ciamis, SMPN 1 Ciamis ini layak dan juara. Kami sudah cek protokol kesehatannya semua terpenuhi, bahkan hubungan sekolah, orang tua dan siswa sudah sangat baik. Sarana dan prasarananya sudah sesuai SOP, tinggal terus diingatkan dan didukung," ujar Ketua Tim Praja 4 Satgas COVID-19 KP4A Satpol PP Jabar Asep Bayu.

Menurut Bayu SMPN 1 Ciamis bisa menjadi contoh untuk sekolah lainnya di Jawa Barat dalam menerapkan protokol kesehatan saat pelaksanan PTM dalam situasi pandemi.

"Kami di Ciamis sudah tiga hari mendorong agar tidak lagi jadi zona merah. Terlihat saat ini kami melihat sudah ada penurunan (kasus), semua petugas bekerja keras meski memang berat," ungkap Bayu.

Menurutnya, kerumunan di Kabupaten Ciamis kini sudah berkurang di wilayah perkotaan. Termasuk di daerah, terutama di Kecamatan Rancah dan Panumbangan yang angka kasus sebelumnya meningkat.

"Ciamis ini warganya patuh dan taat protokol kesehatan juga saling mendukung. Hanya saja untuk kerumunan, suasana Ciamis ini memang dimana lagi untuk bermain. Meski ada kerumunan masyarakat selalu taat pakai masker. Tinggal kita ingatkan saja agar tidak berkerumun," jelasnya.

Meski Ciamis zona merah ternyata semua pihak kooperatif dalam protokol kesehatan. Semua petugas bekerja.

(mud/mud)