Gawat! Tempat Tidur Pasien COVID-19 di RSUD Al-Ihsan Tersisa Satu

Wisma Putra - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 11:49 WIB
Ketersediaan tempat tidur pasien COVID-19 di RSUD Al-Ihsan tingga satu
Ketersediaan tempat tidur pasien COVID-19 di RSUD Al-Ihsan tingga satu (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Keterisian tempat tidur untuk pasien COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al-Ihsan, Kabupaten Bandung sudah penuh. Update terkini, Minggu (13/6/2021) pagi, tempat tidur hanya tersisa satu.

"Sampai pagi ini, ketersediaan tempat tidur kita ada 171, yang terpakai sudah 170, tinggal satu," kata Dirut RSUD Al-Ihsan Dewi Basmala via sambungan telepon.

Dewi mengungkapkan, pihaknya akan menambah tempat tidur lagi bagi pasien COVID-19 di RSUD Al-Ihsan sebanyak 70 tempat tidur.

"Ruang COVID-19 tidak sama dengan ruang perawatan pasien biasa, di mana itu sirkulasi udahan ada ketentuan sehingga rencana penambahan kita ada di posisi 70 bed, cuman kami masih membutuhkan waktu karena masih merubah posisi jendela sehingga sirkulasi udara sesuai ketentuan standar," ungkapnya.

Pasca libur Lebaran Dewi menyebut, lebih banyak pasien yang masuk dibandingkan yang keluar. Ia menjelaskan, untuk pasien yang dirawat harus melakukan observasi selama dua pekan.

"Lebih banyak yang masuk. Karena yang keluar ada ketentuan minimal kita observasi dua minggu, melihat kondisi pasien dan melihat apakah pasien itu setelah dua minggu swab nya sudah negatif belum, bahkan ada kecenderungan pasien itu sudah dua minggu diswab ulang ternyata masih positif, berarti kami belum berani melakukan pemukangan terhadap pasien tersebut," jelasnya.

Dewi berujar, dalam dua pekan terakhir lonjakan kasus COVID-19 terus mengalami peningkatan.

"Keterisian memang COVID-19 itu pasti ada, tapi tidak sederastis sekarang, memang ini signifikan sekali dengan dampak pasca liburan, pasca Lebaran, signifikan, dua minggu terakhir memang begitu ekstrem peningkatannya," ujarnya.

"Sebelum Lebaran memang di 90, maksimal di angka 100 bad, sekarang disiapkan 171 saja masih kurang, karena 171 itu sisa satu kan, tapi di IGD masih ada 15-20 yang masih di screening," tambahnya.

Di sisi lain kondisi serupa juga dialami Rumah Sakit Keluarga Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung. Dirut RSKIA Taat Tagore mengatakan, ada 93 pasien COVID-19 yang dirawat

"Kemaren malem 93 pasien dari 95 kapasitas. Waiting list di UGD ada 8. Pagi ini belum laporan," ujarnya via pesan singkat.

Simak video 'Kasus Corona di Indonesia Meningkat, DKI Jakarta Naik 300%':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mud)