Wacana Sembako Kena PPN Bikin Pedagang Pasar di Pangandaran Resah

Faizal Amiruddin - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 22:42 WIB
Pedagang pasar di Pangandaran resah wacana PPN sembako
Foto: Faizal Amiruddin
Pangandaran -

Wacana penerapan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk komoditas sembilan bahan pokok (Sembako) mulai merebak di kalangan pedagang pasar Pangandaran. Wacana tersebut menebar keresahan di kalangan pedagang.

Salah seorang pedagang di pasar Pangandaran Tuminah (55) mengaku bingung dengan kabar itu. "Anak saya bilang katanya nanti Sembako kena pajak, enggak tahu kayak apa, kok ada-ada saja," kata Tuminah, Sabtu (12/6/2021).

Pedagang aneka beras dan bahan makanan pokok itu mengaku khawatir dengan adanya PPN nanti harga beli jadi mahal. "Sekarang jualan susah, lagi susah duit. Apalagi kalau harganya naik, pasti makin susah," kata Tuminah.

Kondisi pandemi Corona yang sudah berlangsung setahun lebih, menurut Tuminah sudah cukup membuat usahanya morat-marit. "Gara-gara Corona aja sudah sulit begini , apalagi kalau dipajak. Apa nggak kasihan sama rakyat kecil seperti saya ini," kata Tuminah.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi UMKM Pangandaran Tedi Garnida meminta masyarakat untuk tidak panik. "Jangan panik dulu soal itu. Kami juga belum menerima pemberitahuan secara resmi penerapan PPN sembako, kan masih wacana," tuturnya.

Tedi berpendapat pemerintah memang dihadapkan pada situasi dilematis, sehingga berupaya mencari sumber-sumber pendapatan.

"Saat ini dampak dari pandemi saja sangat terasa terhadap daya beli masyarakat, menurun. Kami minta masyarakat tenang dulu, jangan dulu percaya pada kabar-kabar yang belum jelas," kata Tedi.

(ern/ern)