Warga Lembang Positif Corona Jadi 77, Puskesmas Soroti Penerapan Prokes

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 17:01 WIB
Coronavirus. COVID-19. Copy space. 3D Render
Foto: Ilustrasi (Getty Images/BlackJack3D).
Bandung Barat -

Puskesmas Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), masih terus menggenjot pelaksanaan tracing terhadap warga Kampung Ciburial, RW 03, Desa Cibogo yang terpapar COVID-19.

Pasalnya, sejak kemunculan kasus pertama di RW tersebut beberapa hari lalu, hingga saat ini jumlah warga yang terpapar COVID-19 terus mengalami penambahan. Kini ada sebanyak 77 orang warga yang dinyatakan positif COVID-19.

Awalnya jumlah warga yang terpapar COVID-19 hanya sebanyak 26 orang. Jumlah tersebut kemudian bertambah menjadi 41 orang. Selang sehari jumlahnya menjadi 69, dan kini kembali bertambah hingga menyentuh 77 orang.

"Kita sampai hari mencatat jumlah pasien positif itu ada 77 orang. Sedangkan untuk kontak erat sejauh ini lebih dari 100 orang yang sudah diswab test antigen," ungkap Kepala Puskesmas Cikole Iyan Hartono kepada wartawan, Kamis (10/6/2021).

Di balik meledaknya kasus COVID-19 di kampung tersebut Iyan menyoroti kedisiplinan masyarakat setempat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Prokes mungkin kurang, jadinya kasus ini bisa merebak sampai sebanyak ini. Kalau prokes diterapkan dengan baik, tentu sebetulnya penularan bisa dikurangi dan ditekan," terangnya.

Iyan menyebut jumlah warga yang terpapar COVID-19 bisa saja terus mengalami penambahan lantaran tracing dan testing masih terus berjalan.

"Soal bertambah karena masih tracing bisa saja terjadi. Tapi kita sudah bekerjasama dengan pihak desa dengan lockdown lingkungan RW 03, mudah-mudahan penularan bisa berkurang," ucapnya.

Saat ini warga yang dinyatakan positif COVID-19 tengah menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari pihak puskesmas dan Satgas COVID-19 Desa Cibogo.

"Dari 77 itu mayoritas bergejala ringan seperti batuk dan pilek jadi hanya perlu isolasi mandiri. Ada juga yang OTG, dan semuanya kita pantau setiap hari," pungkasnya.

(mso/mso)