Jabar Hari Ini: Kerumunan Ojol Order BTS Meal dan Kasus Corona Mengganas

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 20:46 WIB
Ojol Berkerumun di Bandung
Foto: Kerumunan ojol oreder BTS Meal di McD Bandung (Wisma Putra/detikcom).
Bandung -

Popularitas grup boy band asal Korea Selatan, BTS mengundang kerumunanan pembeli paket makanan edisi mereka di McDonald's. Tak tanggung-tanggung tiga gerai McD di Bandung pun disegel karena melanggar protokol kesehatan.

Sementara itu, di Bandung seorang perawat menjadi korban pembegalan oleh oragn tak dikenal. Selain itu ada juga informasi mengenai lonjakan kasus COVID-19 di Jabar.

Berikut rangkuman beritanya di Jabar Hari Ini:

Muncul Kerumunan, Tiga McD Disegel di Bandung

Buntut kerumunan yang terjadi di sejumlah gerai McDonald's (McD) di Kota Bandung, aparat bertindak tegas. Satpol PP Kota Bandung menutup gerai McD lantaran melanggar protokol kesehatan (prokes).

Plt Kabid Tibum Satpol PP Kota Bandung Idris Uswendi mengatakan sejumlah gerai McDonal's di Kota Bandung sudah disegel dan ditutup. "Baru tiga (gerai McD), di Buahbatu dan Cibiru. Kalau yang di Cicendo juga dihentikan oleh aparat kecamatan," kata Idris via sambungan telepon, Rabu (9/6/2021).

Sesuai Peraturan Wali Kota (Perwal) Bandung, menurut dia, sanksi pelanggarannya berupa penutupan operasional selama 14 hari. "Ditutup sementara. Kalau ketentuan Perwal itu empat belas hari (ditutup sementara), karena melanggar prokes," ucap Idris menegaskan.

Pihaknya menyayangkan peluncuran menu makanan tersebut memunculkan kerumunan orang didominasi driver ojol yang mendapat order dari pembeli. Selain itu, menurut Idris, pihak McD tidak berkoordinasi dengan pemerintah berkaitan peluncuran BTS Meal.

"Sangat disayangkan, Kota Bandung ada peningkatan (COVID-19), keterisian rumah sakit sudah jelas (naik)," ujarnya.

"Ini mendukung atau nggak program Pemkot Bandung atau gimana ini? Kok nggak ada konfirmasi, tidak minta persetujuan dan lain-lain. Sudah jelas, pasti sudah diantisipasi dampaknya seperti apa, (program promo) di kita kang langsung diserbu," Idris menambahkan.

Pihaknya mengimbau kepada pelaku usaha lain agar tidak melakukan hal serupa. "Program pemerintah harus didukung, kita kan bekerja untuk rakyat," kata Idris menegaskan.

Geng Motor Lukai Perawat

Dua anggota geng motor di Bandung melakukan aksi pembegalan kepada perempuan berprofesi perawat. Begini detik-detik begal beraksi melukai korbannya tersebut.

Dua begal, TR dan AR, melakoni aksinya di Jalan Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, Sabtu (5/6/2021). Saat itu, korban yang tengah mengendarai sepeda motor sendirian, dibuntuti pelaku.

"Saya awalnya melihat korban menyimpan handphone-nya dikalungin di leher," ucap TR di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Rabu (9/6/2021).

TR dan AR pun bersiasat jahat untuk merampas ponsel korban. Hingga akhirnya dia mengikuti dan kemudian mengambil ponsel korban dengan cara menarik langsung dari lehernya.

"Saya ambil HP-nya ditarik langsung sampai korban jatuh," kata dia.

Akibat kejadian tersebut, korban terjatuh dari sepeda motornya. Korban pun mengalami luka pada tubuhnya akibat terjatuh. Ponsel itu kemudian dijual pelaku.

"Uang hasil penjualannya dipakai sehari-hari. Buat bayar kontrakan," tutur TR.

Personel UnitReskrim PolsekRancasari menangkap TR dan AR. Keduanya didor polisi lantaran berusaha kabur saat proses pengembangan penyelidikan.

Lihat Video: Keistimewaan BTS Meal yang Bikin Para Army Rela Antre Panjang

[Gambas:Video 20detik]