Ragam Produk UMKM Mejeng di Alun-alun Kejaksan Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 21:19 WIB
Produk UMKM Khas Cirebon
Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis meresmikan sentra UMKM Alun-alun Kejaksan. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon, Jawa Barat, kini diramaikan dengan puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pemkot Cirebon telah mengizinkan puluhan UMKM beroperasi di kawasan alun-alun.

Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis mengatakan sentra UMKM di Alun-alun Kejaksan merupakan upaya pemerintah dalam mengembangkan produk asli Cirebon. Ia berharap pengunjung alun-alun bisa menikmati segala produk yang dihasilkan pelaku usaha lokal.

"Kita memaksimalkan alun-alun sebagai tujuan wisatawan. Sehingga perlu ditampilkan produk-produk, salah satunya cendera mata khas Cirebon. Kami harapkan wisatawan bisa membawa pulang produk UMKM untuk dijadikan cendera mata," kata Azis kepada awak media seusai meresmikan sentra UMKM Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon, Selasa (8/6/2021).

Sentra UMKM di Alun-alun Kejaksan itu menyediakan sejumlah produk seperti batik, kerajinan khas Cirebon, makanan dan lainnya. Lokasinya berada di sebelah kanan alun-alun jika dari arah timur.

Sekda Kota Cirebon Agus Mulyadi menjamin produk UMKM yang disuguhkan adalah asli buatan pelaku usaha lokal. Ia menyebutkan daya tampung sentra UMKM itu mampu menampung 100 UMKM.

"Saat ini baru 70 pelaku dengan produk yang dijajakan sebanyak 200 buah, baik berupa makanan, kerajinan tangan dan lainnya," ujar Agus.

Produk UMKM Khas CirebonWali Kota Cirebon Nashrudin Azis memperlihatkan salah satu produk UMKM. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Cirebon Maharani Dewi mengatakan pihaknya telah menjalin kerja sama dengan puluhan UMKM untuk ikut mengampanyekan wisata Kota Cirebon. Ia berharap produk asli Cirebon bisa lebih dikenal oleh wisatawan.

"Bersama pelaku UMKM kami sepakat tidak hanya mencari keuntungan semata tapi, juga mengedepankan produk khas daerah," ucapnya.

Maharani mengaku menggelar seleksi dan verifikasi terhadap puluhan pelaku UMKM yang ingin membuka usaha di Alun-alun Kejaksan. "Tak semua terlibat, hanya yang lolos. Ini bagian dari gotong-royong untuk meningkatkan roda perekonomian," kata Maharani.

Sekadar diketahui, Alun-alun Kejaksan Cirebon diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada 21 April 2021. Alun-alun kebanggaan masyarakat Kota Cirebon ini direvitalisasi melalui anggaran Pemprov Jabar.

(bbn/bbn)