DPR Dukung Tanjung Lesung Masuk 10 Prioritas KSPN

Rifat Alhamidi - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 08:10 WIB
Pada 22 Desember 2018 kawasan Tanjung Lesung diterjang bencana Tsunami Selat Sunda dan menelan ratusan korban jiwa. Sejumlah personel band Seventeen yang sedang manggung mengisi acara gathering PLN turut menjadi korban bencana alam tersebut. Bagaimana kondisi pemulihan setelah hampir satu tahun ini?
Tanjung Lesung Banten (Foto: Sylke Febrina Laucerneo)

Sekadar diketahui, pemerintah telah menetapkan 10 KSPN prioritas yang masuk dalam RPJMN. KEK Tanjung Lesung sebelumnya masuk dalam daftar 10 prioritas itu, namun sejak tahun lalu digeser.

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban optimistis KEK Tanjung Lesung bisa diusulkan lagi untuk masuk 10 prioritas KSPN pemerintah. Pasalnya, Pemkab Pandeglang terus berupaya mendukung sarana penunjang supaya Tanjung Lesung mampu bersaing dengan kawasan pariwisata di tingkat internasional.

"Sebetulnya kita sudah hampir selesai, sudah mau beres semua persiapannya. Makanya, ini sebetulnya jadi momen yang ditunggu oleh Pemkab Pandeglang yang sedang konsentrasi ke tourism bisnis. Dan Alhamdulillah, tadi sudah ada link and match antara pemda dengan hasil kunjungan dari Komisi X," ujar Hetia.

Tanto menyambut dukungan Komisi X DPR yang mau inisiasi agar Tanjung Lesung diusulkan kembali dalam 10 prioritas KSPN. Pihaknya berharap hasil kunjungan ini bisa diteruskan ke lintas kementerian di Jakarta.

"Meskipun di tahun-tahun pandemi ini tantangannya begitu luar biasa, tapi kami tetap komitmen supaya semua infrastruktur di Pandeglang bisa kami rampungkan. Mudah-mudahan pertemuan ini membawa hasil yang baik, dan saat pandemi selesai, infrastruktur di Pandeglang juga sudah siap," ujar Tanto.


(bbn/bbn)