DPR Dukung Tanjung Lesung Masuk 10 Prioritas KSPN

Rifat Alhamidi - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 08:10 WIB
Pada 22 Desember 2018 kawasan Tanjung Lesung diterjang bencana Tsunami Selat Sunda dan menelan ratusan korban jiwa. Sejumlah personel band Seventeen yang sedang manggung mengisi acara gathering PLN turut menjadi korban bencana alam tersebut. Bagaimana kondisi pemulihan setelah hampir satu tahun ini?
Tanjung Lesung Banten (Foto: Sylke Febrina Laucerneo)
Pandeglang -

Komisi X DPR melakukan kunjungan ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten. Dalam kunjungan itu, Tanjung Lesung mendapat dukungan agar masuk kembali dalam 10 prioritas pembangunan kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

Wakil Ketua Komisi X Hetia Sjaifudian menyatakan, Tanjung Lesung memiliki potensi besar untuk masuk dalam pengembangan 10 KSPN prioritas. DPR pun siap membawa hasil pertemuan kali ini dengan pemerintah termasuk dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Di sini kan potensinya besar, kami siap menjembatani dan menyampaikan hasil diskusi ini ke berbagai pihak yang berkepentingan termasuk dengan lintas kementerian," kata Hetia kepada detikcom saat ditemui di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Jumat (4/6).

Hetia menyebut, Tanjung Lesung memiliki sejumlah potensi pengembangan pariwisata mulai dari sport tourism hingga konservasi budaya. Potensi ini, menurutnya, sayang untuk dilepas begitu saja karena bisa menjadi daya tarik yang tak kalah jauh dengan wisata internasional.

"Kita sih lihat itu potensinya jelas yah, tapi memang namanya suatu kebijakan nanti bisa kita lakukan evaluasi kembali. Yang jelas kajian-kajian terkait Tanjung Lesung dan pengembangan wilayahnya sudah dilakukan sama kementerian saat ini," ucapnya.

"Walaupun sekarang kondisinya karena COVID, memang banyak hal yang kita inginkan belum terealisasi. Tapi mendengar pemaparan tadi, mudah-mudahan Tanjung Lesung ini bisa cepat pengembangannya dan bisa lebih baik dari hari ini," kata Hetia menambahkan.