Sambut PTM, 237 Sekolah di Kota Bandung Gelar Simulasi

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 15:48 WIB
Poster
Ilustrasi sekolah tatap muka. (Ilustrator: Edi Wahyono)s
Bandung -

Simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di tengah pandemi COVID-19 akan digelar serentak di ratusan sekolah yang tersebar di 23 kecamatan di Kota Bandung. Pelaksanaan simulasi ini berlangsung mulai Senin (7/6/2021) mendatang.

"Untuk kegiatan PTM dari pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Kota Bandung merespon, kami lakukan langkah-langkah bersama-sama dengan SKPD terkait membentuk tim memonitoring sekaligus mengecek kesiapan di lapangan untuk menggelar PTM," kata Kadisdik Hikmat Ginanjar di Balai Kota Bandung, Kamis (3/6/2021).

Ia mengungkapkan, dari 3.523 satuan pendidikan itu yang menyatakan siap berjumlah 654. Hal tersebut hasil monitoring Disdik bersama tim kewilayahan di kecamatan.

"Kemudian ini dilaksanakan empat hari 24-28 Mei, yang lolos dari 654 ada 237 sekolah yang masuk dari 23 kecamatan, kita lagi menunggu lagi di tujuh kecamatan. Kita nanti akan lakukan uji coba," ucap Hikmat.

Menurut Hikmat, uji coba atau simulasi PTM terbatas di 237 sekolah itu akan digelar pada 7-18 Juni 2021. Jumlah itu meliputi sekolah di tingkat TK, Paud, SD, SMP hingga SMA.

"Saya kira, ini satuan pendidikan yang sudah direkomendasikan kecamatan sebagai ketua satgas pencegahan COVID-19 di kecamatan masing-masing," katanya.

Hikmat menjelaskan indikator penilaian yang diajukan Gugus Tugas COVID-19 yakni protokol kesehatan dan desain pembelajaran. "Kemudian izin dari orang tua. Kalau orang tua bisa memilih daring apa luring," ujar Hikmat menegaskan.

(wip/bbn)