Tebing 30 Meter Longsor di Tasikmalaya, 2 Rumah Rusak

Deden Rahadian - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 12:25 WIB
Tasikmalaya -

Tebing setinggi 30 meter di Kampung Sayuran, Desa Padakembang, Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya jebol akibat longsor. Empat rumah terancam akibat insiden tersebut.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana longsor tersebut karena penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri. Namun kerugian materi rumah warga yang rusak mencapai puluhan juta.

"Hujan deras sebabkan tebing 30 meter dengan lebar 15 meter longsor timpa rumah warga. Penghuni lolos dari maut," kata Jembar Adi Setia, Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya di lokasi.

Penghuni rumah, Sambas mengaku bisa selamatkan diri setelah mendengar suara gemuruh."Kami langsung keluar rumah. Bawa keluarga. Alhamdulillah selamat," kata Sambas.

Selain di Kecamatan Padakembang, longsor pun terjadi di Kampung Babakan Nangka Cigorowong Kecamatan Cisayong Selasa (1/ 6) malam pukul 19.00 WIB.

Akibat longsor akses jalan di Desa Sukamukti Kecamatan Cisayong sempat tertutup material tanah longsor. Sisa longsoran kini sudah dibersihkan oleh Tagana dan BPBD serta pemerintah desa setempat bersama masyarakat.

"Longsor mengakibatkan dua rumah warga rusak terkena longsor. Satu rumah dihuni oleh dua Kepala Keluarga (KK) dan satu lagi dihuni oleh satu KK. Warga terdampak sudah dievakuasi ke rumah saudaranya," Kata Jembar.

Menurutnya, Tagana bersama BPBD Selasa (1/ 6) malam, pukul 20.00 WIB, awalnya mendapatkan informasi dan laporan adanya bencana longsor dari relawan bencana dan masyarakat di Kampung Sayuran Desa/Kecamatan Padakembang.

"Malam kami mendapatkan laporan dari relawan dan masyarakat dan langsung meninjau lokasi untuk mengevakuasi warga yang rumahnya rusak. Rabu (2/6) pagi ini BPBD, Tagana dan Baznaz tanggap bencana membantu evakuasi," kata dia.

(mud/mud)