Semburan Lumpur Muncul di Cirebon, BPBD: Kita Kontak PVMBG

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 16:56 WIB
Cirebon -

Semburan lumpur muncul di Desa Cipanas, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kejadian munculnya semburan lumpur ini sudah terjadi sejak lama. Namun, belum ada penelitian mendalam tentang kandungan kimia yang ada di lokasi semburan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon Alex Suheriyawan mengaku akan berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya untuk meneliti fenomena semburan lumpur yang terjadi di Desa Cipanas. "Kita akan kontak pihak terkait, misalnya BMKG, SDM Provinsi Jabar, PVMBG Jabar, dan terutama BPBD Jabar," kata Alex sesuai meninjau lokasi semburan, Selasa (1/6/2021).

Alex mengatakan dengan adanya penelitian mendalam tentang kandungan kimia yang ada di lokasi semburan, maka pemerintah bisa menentukan kebijakan untuk ke depannya. Ia berharap semburan lumpur itu bisa dimanfaatkan secara positif.

Menurutnya semburan lumpur tersebut diduga mengandung belerang dan fosfor. "Saat ini dampak yang terjadi adalah bau belerang yang menyengat," kata Alex.

Sementara itu, salah seorang pegawai Desa Cipanas Yayan Ahmad Sidik mengatakan selama ini belum ada pihak terkait yang meneliti semburan lumpur. Pihaknya hanya mengimbau warta sekitar untuk tak bermain api di lokasi semburan.

"Penanganan belum ada. Selama ini paling imbauan dari pemerintah kepada masyarakat," kata Yayan.

Sementara itu, kata Yayan, mengeluhkan bau menyengat belerang. "Bau (belerang) aja keluhannya. Kalau setiap pagi warga itu merasakan bau belerang yang menyengat sekali," kata Yayan.

Semburan lumpur ini muncul sekitar empat bulan. Sebelumnya, semburan lumpur juga sempat muncul di lokasi yang berbeda. Jaraknya sekitar 10 meter dari lokasi saat ini.

"Dulu itu ada, kemudian ditutup sekitar 2014. Beberapa tahun muncul lagi, kemudian ditutup. Dan, sekarang muncul lagi baru empat bulanan," kata Yayan.

(mso/mso)