Jabar Banten Hari Ini: Athian Ali Kena Corona-25 Anak Jadi Korban Predator Seks

Tim detikcom - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 22:38 WIB
KH Athian Ali
Athian Ali (Foto: Dok.detikcom)
Bandung -

Beragam peristiwa terjadi di Jawa Barat dan Banten hari ini, Senin (31/5/2021) dari KH Athian Ali dinyatakan positif COVID-19 hingga postingan Ridwan Kami disorot dewan.

KH Athian Ali Positif Terpapar COVID-19

Ketua Forum Ulama Umat Indonesia (FUUI) Jawa Barat KH Athian Ali dinyatakan positif terpapar COVID-19. Dia kini dikabarkan tengah menjalani perawatan di RSHS Bandung.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanagara. "Sudah (positif)," kata Ahyani di Pendopo Kota Bandung, Senin (31/5/3021).

Dari informasi yang dihimpun, KH Athian Ali diisolasi di Rumah Sakit Hassan Sadikin (RSHS) Bandung bersama anggota keluarga yang sama-sama diisolasi karena terpapar COVID-19.

"Sudah dirawat di salah satu rumah sakit," tambahnya.

Pihak Dinkes Kota Bandung, sudah melakukan tracing, untuk mengetahui kontak erat terhadap yang bersangkutan.

"Sesuai dengan alur, bagi yang positif ditangani masalah klinisnya, untuk tracingnya kita bertanya kepada stafnya," ujar Ahyani.

Sementara itu, KH Athian Ali mengaku tengah menjalani perawatan di RSHS Bandung bersama empat orang anggota keluarganya.

"Saya dan sebagian keluarga (berlima) menjalani perawatan COVID-19 di RSHS. Allah SWT yang Maha Kuasa memberi penyakit dan dia juga yang maha kuasa menyembuhkan," ujar Athian saat dikonfirmasi detikcom.

Dari informasi yang dihimpun anggota keluarganya yang terpapar ialah istri, seorang anak, cucu dan asisten rumah tangga. Athian mengaku merasa demam sejak Kamis (27/5) dan melaksanakan tes PRC.

Setelah diperiksa, kemudian diketahui bahwa ia terpapar dan meminta seluruh anggota keluarganya untuk turut menjalani tes PCR di laboratorium. Dari sembilan penghuni rumah yang diperiksa, empat orang yang terpapar.

Athian mengatakan selama ini ia dan keluarga sangat ketat menerapkan protokol kesehatan. "Kendati sudah optimal bahkan di mata sebagian orang konon sangat disiplin menjaga prokes, namun tidak ada yang kuasa menghalangi kehendak Allah SWT," katanya.

Athian mengaku saat ini, kondisinya lebih baik. Ia pun meminta agar umat turut mendoakan kesembuhan dirinya dan keluarga. "Mohon keikhlasan untuk ikut mendoakan (kesembuhan Athian dan keluarga)," ujarnya.

Satgas COVID-19 Jabar akan melakukan tracing mengingat ulama tersebut sempat ikut aksi bela Palestina di Bandung.

"Sesuai prosedur, setiap ada yang terpapar COVID-19, akan ditracing kegiatan dan orang orang terdekat. Jawabannya iya (tracing)," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Makodam III Siliwangi.

Athian Ali diketahui ikut aksi bela Palestina beberapa waktu lalu. Dia bergabung dengan sejumlah orang lainnya di Bandung.

"Kebetulan ada pawai bela Palestina, berarti secara teori medis, probabilitas keterpaparan mungkin saja ada. Tapi ataupun bukan dari situ. Kita nggak tahu," kata Kang Emil sapaannya.

Oleh karena itu, tracing akan dilakukan SatgasCOVID-19 Jabar sesegera mungkin. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran. "Tracing akan dilakukan secepatnya agar tidak meluas," kata dia.