Mantul! Pria Purwakarta Sulap Limbah Jadi Miniatur Motor-Kereta

Dian Firmansyah - detikNews
Minggu, 30 Mei 2021 09:31 WIB
Pria Purwakarta menyulap limbah menjadi miniatur motor hingga kereta
Pria Purwakarta menyulap limbah menjadi miniatur motor hingga kereta (Foto: Dian Firmansyah)
Purwakarta -

Barang bekas bisa menjadi bernilai kalau berada di tangan yang tepat. Hal itulah yang diperlihatkan Jaelani, warga Kampung Simpang, Kelurahan Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta.

Ayah satu anak ini mampu menyulap limbah menjadi sebuah karya seni yang bernilai ekonomis. Bermodal limbah kabel dan bahan PVC, Jaelani membuat miniatur alat transportasi yang keren mulai dari sepeda motor, mobil, kereta api hingga kapal laut.

Menurut Jaelani, kreativitasnya tergali sejak menciptakan mainan untuk anak semata wayangnya tahun 2010 lalu, namun sayang anaknya lebih menyukai mainan robot ketimbang mainan alat transportasi.

"Awal bikin dari kardus itu untuk anak, terus saya belajar di internet pake bahan PVC di tambah limbah kabel tapi anak enggak mau karena lebih suka robot" ujar Jaenali di rumahnya, Minggu (30/05/2021).

Beranjak dari situ, Jaelani mencoba memposting hasil karyanya di akun sosial media, banyak yang merespon positif hingga ada yang berminat membeli, sejak itu ia menggeluti kerajinan ini dan semakin ramai peminat.

"Alhamdulillah udah banyak yang terjual, yang beli di Purwakarta ada tapi kebanyak dari luar sampai ke Kalimantan juga ada," ungkapnya.

Namun kerajinan ini bukan kegiatan utama, ia merupakan salah satu karyawan swasta di Purwakarta, jika ada pesanan baru ia kerjakan di sela-sela istirahatnya pada malam hari.

"Satu hari itu membuat miniatur sepeda motor, mobil box satu hari, paling lama itu membuat kereta api karena ngepasin ban sama rel keretanya cukup sulit," Ucap Jaelani.

Adapun bahan dasar yang digunakan Jaelani untuk membuat beragam miniatur itu adalah PVC ukuran 2 sampai 5 mili, cat, kabel dan bahan-bahan penunjang lain yang diperlukan.

Karyanya di mulai dari memotong bahan PVC sesuai bentuk dan ukuran, kemudian limbah kabel untuk batang dan di rekatkan dengan lem. Untuk detailnya ia gunakan PVC yang diukir menggunakan pensil raut, untuk memberikan kesan asli ia berikan sentuhan warna.

Adapun harga miniatur, Jaelani mematok harga beragam, mulai Rp100.000 untuk sepeda motor, Rp 200.000 harga mobil box, kereta api per gerbong Rp100.000 jika dengan lokomotifnya Rp 150.000. "Tapi harga itu masih bisa kurang kok," kata dia.

Tonton juga Video: Selain Melukis, Edy Kumpulkan Sampah untuk Dirikan Rumah Edukasi

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)