Calon Kades di Garut Meninggal Saat Kampanye

Hakim Ghani - detikNews
Sabtu, 29 Mei 2021 10:48 WIB
Ilustrasi jenazah
Foto: Thinkstock
Garut -

Rahmat, seorang calon kades di Garut meninggal saat kampanye. Rahmat diduga meninggal akibat serangan jantung.

Peristiwa itu berlangsung Jumat (28/5/2021) di Perumahan Jati Putra, Desa Cibunar, Kecamatan Tarogong Kidul. Saat kejadian, sedang dilaksanakan kampanye pemilihan calon kepala desa tersebut.

"Korban bernama Rahmat. Rahmat salah satu calon kades di Desa Cibunar," kata Panit Reskrim Polsek Tarogong Kidul, saat dikonfirmasi Sabtu (29/5/2021).

Aji mengatakan, saat kejadian tersebut, lima orang calon kepala desa yang ada dihadirkan. Selain para calon, kegiatan itu dihadiri forkopimcam Tarogong Kidul dan panitia.

Rahmat diketahui meninggal lantaran terjatuh dari panggung seusai naik podium untuk memaparkan visi-misi. Calon nomor urut tiga tersebut diduga kecapekan hingga terjatuh dari panggung.

"Korban terlihat sempoyongan sebelum terjatuh," katanya.

Dari video detik-detik Rahmat terjatuh yang beredar, Rahmat yang menggunakan kopiah hitam dan masker putih itu terlihat duduk namun sempoyongan. Dia seperti melihat ke atas sebelum akhirnya terjatuh ke belakang panggung.

Petugas medis yang ada di lokasi saat kejadian langsung mengevakuasi Rahmat ke RSUD dr. Slamet Garut untuk mendapatkan pertolongan. Namun Rahmat akhirnya dinyatakan meninggal saat diperiksa oleh tim dokter di sana.

"Setelah itu kegiatan kampanye itu dihentikan untuk sementara. Kasusnya sedang kami selidiki," kata Aji.

Penyebab pasti meninggalnya Rahmat kini sedang didalami. Pihak kepolisian menduga Rahmat mengalami kecapekan hingga akhirnya terjatuh dan mengalami luka serius di bagian belakang kepalanya.

Namun, diduga Rahmat mengalami serangan jantung. Pasalnya, pihak panitia penyelenggara pilkades menerima informasi dari pihak keluarga bahwa Rahmat memiliki riwayat penyakit jantung.

(ern/ern)