Dianggap Meresahkan, Kelompok Motor di Sukabumi Janji Hijrah

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 27 Mei 2021 20:17 WIB
Petinggi kelompok motor di Sukabumi janji hijrah
Petinggi kelompok motor di Sukabumi janji hijrah (Foto: Dok humas Polres Sukabumi Kota)
Sukabumi -

Pengurus kelompok motor di Kota Sukabumi memenuhi undangan Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sumarni. Mereka kemudian mendeklarasikan diri dan menyerahkan atribut yang menjadi ciri mereka ke polisi dan berjanji tidak akan mempergunakannya lagi.

Sumarni membenarkan kedatangan para pengurus kelompok motor itu atas undangan dari pihaknya seiring isu teror yang dilakukan oleh kelompok-kelompok geng motor di wilayah hukumnya.

"Hari ini kami jajaran Polres Sukabumi Kota mengundang para pengurus kelompok motor Brigez, Moonraker, XTC dan GBR untuk mereka hijrah kembali ke arah kebaikan dan alhamdulillah mereka menyadari bahwa tindakan mereka itu keliru," kata Sumarni, Kamis (27/5/2021).

Sumarni juga mengatakan kelompok tersebut juga secara sukarela melucuti atribut yang menjadi ciri khas mereka selama ini. Mereka juga berjanji tidak akan menggunakan atribut itu lagi.

"Mereka sudah mendeklarasikan tidak akan menggunakan atribut-atribut yang kemarin di kelompoknya masing-masing dan akan.menjadi manusia yang lebih baik dan tidak akan melakukan perbuatan yang melanggar hukum tindakan yang meresahkan masyarakat. Kita nantikan janji mereka apakah mereka akan istikomah, apakah mereka tulus ikhlas dalam membacakan deklarasi tersebut," ujar Sumarni.

"Jadi kita pegang janji dalam deklarasi mereka, atribut ini kan kerap menjadi pemicu gesekan antar mereka. Jadi secara sukarela, mereka serahkan atributnya," sambung Sumarni.

Terkait rentetan peristiwa yang terjadi baru-baru ini, Sumarnu tegas akan tetap menyelidiki kejadian tersebut dan menangkap dalang dibalik kejadian tersebut. "Tetap kita usut, tetap kita berikan tindakan tegas karena sudah melanggar hukum," pungkasnya.

(sya/mud)