Puja Bhakti Waisak di Karawang, Kapasitas Wihara Dibatasi 30 Persen

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Rabu, 26 Mei 2021 20:57 WIB
Puja Bhakti Waisak di Karawang dibatasi 30 persen
Puja Bhakti Waisak di Karawang dibatasi 30 persen (Foto: Yuda Febrian)
Karawang -

Puja Bhakti atau peribadatan Waisak ke 2565 di Karawang kapasitas wihara, dibatasi hanya 30 persen yang hadir.

Ketua Dayakasabha Wihara Buddha Dhamma, Natala Sumedha mengatakan peribatan Waisak tahun ini, yang berlangsung ke 2565 diselenggarakan dengan menerapkan edaran yang diberlakukan, yakni kapasitas wihara dibatasi 30 persen.

"Waisak tahun ini, tidak dirayakan ibadahnya di Candi Batujaya, karena tentunya harus sesuai arahan dari Satgas COVID-19, yakni pembatasan kapasitas wihara, hanya 30 persen," kata Natala yang juga anggota DPRD Komisi 2, saat ditemui di Wihara Buddha Dhamma, Rabu (26/5/2021).

Untuk itu, lanjutnya, pihak wihara membagi peribadatan menjadi 3 gelombang.

"Jadi kita siasati agar tidak ada kerumunan dengan dibagi 2 gelombang, gelombang pertama itu hari ini pagi 60 orang, dan sore 100 orang, dari kapasitas normalnya 300 orang, terus Minggu depan juga sama," ungkapnya.

Sedangkan tema yang dibawa dalam perayaan umat Buddha ini, yakni cinta kasih pembangun keluhuran bangsa.

"Tema tahun ini lebih memberikan pesan kepada umat Buddha, bahwa kita harus tetap menyebarkan cinta kasih, dalam perbedaan kebudayaan, dan multi etnis di Indonesia ini, terkhusus di Karawang," terangnya.

Di lokasi yang sama, Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra, mengungkapkan ada 9 wihara yang berada di Karawang, tengah melaksanakan perayaan Waisak, dan sesuai aturan dibatasi 30 persen kapasitasnya.

"Jadi ada 9 wihara di Karawang yang menyelenggarakan perayaan Waisak, dan sesuai aturan dari Satgas COVID-19 dibatasi kapasitasnya 30 persen, dan harus menerapkan prokes ketat," tuturnya.

Sementara itu, personel yang bertugas dalam pengamanan perayaan Waisak di Karawang, ada 7 sampai dengan 10 personel.

"Jadi per wihara kita ploting 7 hingga 10 personel," tandasnya.

Dalam pantauan detikcom, pada masa pandemi, peribadatan perayaan Waisak tidak dilakukan di Candi Batujaya, melainkan diadakan di setiap wihara secara sederhana, dengan dijaga ketat oleh TNI-Polri.

(mud/mud)