Waisak, Umat Budha di Bandung Bagikan Makanan ke Warga

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 26 Mei 2021 11:59 WIB
Rayakan waisak, umat Budha di Bandung bagikan makanan
Rayakan waisak, umat Budha di Bandung bagikan makanan (Foto: Yudha Maulana)
Bandung -

Umat Budha membagikan makanan setelah melaksanakan ritual Puja Bakti di Vihara Tanda Bhakti (VTB), Kota Bandung pada Rabu (26/5/2021). Makanan yang dibungkus kantong plastik berwarna merah itu dibagikan kepada warga sekitar.

"Kalau yang rutin baksos kebetulan kita punya makanan, karena makanan yang dikirimkan Romo Agus banyak. Apa salahnya kalau kita bagikan kepada warga sekitar juga," ujar Pemimpin Sembahyang VTB Heny, Rabu (26/5).

Sebelumnya, rapalan doa-doa terdengar dari dalam vihara yang terletak di Jl Vihara. Umat Budha yang melaksanakan ibadah di dalamnya terlihat khusyuk membaca doa khusus Waisak yang dipimpin Padita.

Perayaan Waisak di masa pandemi ini hanya diikuti oleh pengurus VTB dan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pantauan detikcom, hanya ada sekitar 20-an orang yang beribadah secara langsung di dalam vihara.

"Walau pandemi gini tapi kita bersamaannya makin lengket, makin kompak kita tetap ada kebersamaan dengan pandemi ini," kata Heny.

Heny mengatakan, kendati dibatasi jumlah peserta saat ritual Waisak. Tetapi ia tidak akan menghalangi jika ada umat Budha yang datang setelah kegiatan Puja Bakti dan kebaktian.

Heny mengatakan, pada waktu normal atau di luar pandemi proses ibadah diikuti ratusan orang. Namun, karena pandemi peserta ibadah dibatasi demi meminimalisasi penyebaran COVID-19.

Selain itu, di tengah pandemi ini, ada rangkaian perayaan Waisak yang hanya dilakukan internal atau oleh pengurus saja. Begitu juga dengan kegiatan meditasi, jika sebelumnya dilakukan bersama umat, nanti hanya akan dilakukan internal saja.

(yum/mud)