Alasan Pemkot Bandung Tutup 6 Objek Wisata Sementara

Wisma Putra - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 15:57 WIB
Sejak dibuka 17 Agustus lalu, ruang publik Kiara Artha Park, Kota Bandung, selalu ramai dikunjungi. Begini keseruannya saat menikmati Kiara Artha Park di malam hari.
Kiara Artha Park Bandung Foto: Rico Bagus)
Bandung -

Enam objek wisata di Kota Bandung ditutup sementara oleh pemerintah. Langkah itu dilakukan untuk melakukan pencegahan COVID-19.

Seperti diketahui, enam objek wisata ini di antaranya Kebun Binatang Bandung, Karang Setra Waterland, Saung Angklung Udjo, Taman Lalu Lintas, Trans Studio Bandung, dan Kiara Artha Park.

Ema menyebut, pasca libur Lebaran terjadi lonjakan kasus COVID-19 di Kota Bandung, dalam sehari mencapai 101.

"Di Bandung kemarin ada potensi lonjakan ya, dalam satu hari itu ada lonjakan di atas 100, kan itu yang menjadi bahan pertimbangan kita," kata Sekda Kota Bandung Ema Sumarna di TTPSA Legok Nangka Nagreg, Senin (24/5/2021).

Saat disinggung, mengapa kebijakan kejujuran tempat wisata itu harus menunggu instruksi Presiden, Ema sebut tidak harus nunggu instruksi Presiden.

"Enggak, kita tidak selalu harus seperti itu, kitakan disesuaikan dengan situasi kondisi, walaupun kebijakannya secara umum seperti itu, kita sesuaikan dengan kondisi kita seperti apa," ungkapnya.

Ema menilai tidak ada komplain yang dilayangkan pengelola tempat wisata. Seluruhnya, yang ditutup sementara mengikuti aturan.

"Iya merekakan mengikuti semua terhadap apa yang kita mintakan, alhamdulillah tidak ada komplain apapun, mereka artinya memahamilah, karena apapun juga tujuannya untuk kebaikan, bagaimana kita bisa menekan dan mengurangi pada potensi pergerakan Pandemi COVID-19, " jelasnya.

Ema menambahkan, untuk Bed Occupancy Rate (BOR) masih di bawah 60 persen."BOR alhamdulillah kita masih di bawah 60 persen, di Bandung sebetulnya masih dalam kondisi terkendali positivity rate kita juga di bawah 10 juga dan sebagainya," tambahnya.

"Walaupun belum ideal di bawah 5, bahkan kita pun pasca Idul Fitri kita pun sudah benar-benar diperhitungkan, sedang kita istilahnya cermati lah, jangan sampai ada ledakan yang kita tidak harapkan," pungkasnya.

Berdasarkan Surat Pemberitahuan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Bandung bernomor PB.01.01/967-Sekre.DiskarPB enam obyek wisata ini ditutup sementara dari Tanggal 23 Mei hingga 1 Juni.

Tonton juga Video: Pengunjung Membeludak, Objek Wisata Cipanas Ditutup

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mud)