BMKG Imbau Warga Bandung Barat-Cimahi Waspada Cuaca Ekstrem

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 11:24 WIB
Bandung Barat -

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Bandung memperingatkan potensi cuaca ekstrem yang bakal terjadi beberapa hari ke depan di wilayah Bandung Raya.

Beberapa daerah di wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi masuk kategori waspada potensi dampak cuaca ekstrem seperti banjir hingga banjir bandang.

Beberapa daerah tersebut di antaranya Lembang, Parongpong, Cisarua, Padalarang, Ngamprah, Batujajar, Cihampelas, Rongga, Gununghalu, Sindangkerta, serta Saguling. Sementara daerah di Cimahi yang memiliki potensi serupa dan juga berstatus waspada yakni Cimahi Selatan, Cimahi Tengah, dan Cimahi Utara.

"Beberapa wilayah di Bandung Barat dan Cimahi berpotensi banjir dan banjir bandang dengan status waspada berlaku sejak hari ini Jumat 21 Mei 2021," ungkap Kepala BMKG Kelas I Bandung Teguh Rahayu saat dihubungi detikcom, Jumat (21/5/2021).

Sementara soal peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau, pihaknya menyebut saat ini sebagian wilayah di Indonesia sudah mengalami peralihan musim.

"Angin timuran yang dominan menjadi indikator utama bahwa wilayah Indonesia saat ini sudah memasuki musim kemarau. Diprakirakan dalam sepekan ke depan angin timuran masih akan sangat dominan akibat dari monsun Australia yang juga masih signifikan hingga sepekan kedepan," ucapnya.

Menanggapi status waspada tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat Duddy Prabowo mengatakan jika saat ini wilayah Bandung Barat masih dalam status siaga cuaca ekstrem.

"Sampai akhir bulan Mei ini kita masih menetapkan status siaga potensi cuaca ekstrem untuk wilayah Bandung Barat. Jadi belum beralih ke penanganan musim kemarau," kata Duddy.

Pihaknya juga mengakui jika beberapa wilayah di Bandung Barat memang masuk pada kategori waspada potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, serta tanah longsor.

"Hampir merata sebaran potensi bencananya, ada juga potensi angin puting beliung. Biasanya di lokasi yang relatif datar seperti Padalarang dan sekitarnya kemudian Batujajar yang berada di daerah tepian Saguling," terangnya.

Pihaknya meminta masyarakat tetap waspada menghadapi potensi cuaca ekstrem beberapa hari ke depan. "Intinya kita minta masyarakat untuk waspada, dan kalau bisa mengakses juga perkembangan cuaca yang disampaikan BMKG karena itu sangat membantu memitigasi potensi cuaca ekstrem dan penanganannya," ujarnya.

(mso/mso)