26 Warga Sukabumi Keracunan Makanan Usai Hadiri Acara Khitanan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 21:25 WIB
Warga Keracunan Makanan di Sukabumi
Warga keracunan makanan di Sukabumi menjalani perawatan. (Foto: Dok.BPBD Kabupaten Sukabumi)
Sukabumi -

Puluhan warga keracunan makanan usai menghadiri acara khitanan di Kampung Tipar, Kabupaten Sukabumi. Sebagian korban keracunan masih mendapat penanganan medis di rumah sakit.

BPBD Kabupaten Sukabumi mengatakan kejadian itu diketahui setelah pihak RSUD Sekarwangi menerima pasien satu keluarga yang keracunan makanan. "Informasi bersumber dari RSUD Sekarwangi, bahwa ada pasien sekeluarga diduga keracunan. Keterangan yang diperoleh kejadian itu setelah mereka menghadiri acara khitanan," kata Anita Mulyani, Kalak BPBD Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2021).

Pihak BPBD menyebut seluruh korban berjumlah 26 orang. Kini 17 orang di antaranya sudah sembuh dan 9 orang masih mendapat penanganan medis.

"Saat ini sudah ada pemeriksaan dari Inafis Polres Sukabumi," kata Anita.

Ai, warga yang masih dirawat di RSUD Sekarwangi mengatakan, gejala keracunan dia alami pada Minggu (16/5) atau sepulang dari acara khitanan. "Terasanya Senin (17/5) siang, kata mantri saya keracunan," ucapnya.

Menurut Ai, pada acara tersebut dia menyantap daging kambing dan jeroan. Sebelumnya ada beberapa kerabatnya juga yang langsung merasakan gejala keracunan pada Minggu sore.

"Kalau muntah enggak, hanya pusing dan terus-terusan BAB, badan juga lemas. Apakah penyebabnya karena menyantap makanan di acara itu atau bukan, yang pasti kata pihak medis saya mengalami keracunan, itu saja," ujar Ai.

(sya/bbn)